Waktu Bau Nyale di Mandalika ditetapkan 10-11 Februari 2023

id Bau Nyale,Bau Nyale di Mandalika,sangkap warige bau nyale,Lombok Tengah,kapan bau nyale,nyale,cacing

Waktu Bau Nyale di Mandalika ditetapkan 10-11 Februari 2023

Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat menyatakan, waktu Bau Nyale (Menangkap cacing laut) di Pantai Seger, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika diputuskan tanggal 10-11 Februari 2023. Hal itu berdasarkan hasil ritual Sangkep Warige tokoh budayawan maupun tokoh agama.

Nyale akan tumpah ruah (banyak)
Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat menyatakan, waktu Bau Nyale (menangkap cacing laut) di Pantai Seger, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika diputuskan tanggal 10-11 Februari 2023.

Hal itu berdasarkan hasil ritual Sangkep Warige tokoh budayawan maupun tokoh agama.

"Sesuai hasil Sangkep Madye atau musyawarah. Bau Nyale di Pantai Seger itu ditetapkan, Jumat 10 Februari hingga Sabtu 11 Februari," kata Tokoh Budayawan, Agus Fathurrahman pada acara sangkap warige di Desa Wisata Ende Desa Sengkol di Praya, Rabu. 

Baca juga: Mahasiswa KKN universitas di Mataram tenggelam di Gili Air
Baca juga: Mahasiswa Mataram yang tenggelam di Gili Air ditemukan meninggal
Baca juga: Mahasiswa yang meninggal tenggelam di Gili Air merupakan warga Montong Gading Lotim


Ia mengatakan, dari hasil sidang media memberikan rekomendasi SOP kepada pemerintah daerah untuk menyusun agenda Bau Nyale. Rekomendasi perlu ada konsep dalam ajang Bau Nyale, sehingga nyale bisa keluar pada waktunya.  "Nyale akan tumpah ruah (banyak)," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Tengah, H Lendek Jayadi mengatakan, penetapan puncak Bau Nyale 2023 ini dilakukan berdasarkan tanda-tanda alam yang terjadi seperti adanya bunyian tengkere, bintang rowot, penanggalan sasak dan tanda alam lainnya sesuai yang disampaikan oleh para tokoh dalam ritual sangkap warige tersebut. 

"Bau Nyale ini akan menjadi rangkaian menyambut ajang Wold Supebike (WSBK) di Sirkuit Mandalika bulan Maret 2023 mendatang," katanya. 

Untuk diketahui, dalam tradisi Bau Nyale itu, ribuan warga dari beberbagai daerah turun langsung ke laut untuk memburu cacing laut yang dipercaya merupakan jelmaan Putri Mandalika, karena memiliki jiwa yang bersih dan relah berkorban untuk kesejahteraan masyarakat. 

Sang Putri Mandalika memilih terjun kelaut tempat di Pantai Seger, ketika para raja ingin menjadikannya sebagai istri. Namun dirinya tidak bisa memilih salah satu dari raja tersebut.

Untuk mencegah pertumpahan darah, dirinya terjun ke laut dan ia akan kembali dalam bentuk cacing laut pada tanggal 20 bulan 10 penanggalan sasak.  Tradisi Bau Nyale diselenggarakan sekitar bulan Februari untuk nyale awal dan Maret untuk nyale akhir di Pantai Seger atau disepanjang pantai selatan Lombok Tengah.