Perwakilan sembilan provinsi meriahkan NTB Expo 2013

id NTB EXpo 2013, peserta luar daerah NTB

"Selain dari berbagai kabupaten/kota di NTB, juga dari kabupaten dan provinsi lain," kata Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Provinsi NTB H Supran.
Mataram (Antara Mataram) - Perwakilan dari sembilan provinsi di Indonesia ikut memeriahkan kegiatan Nusa Tenggara Barat (NTB) Expo 2013 yang digelar di Lapangan Sangkareang, Kota Mataram 2-6 Oktober 2013.

"Selain dari berbagai kabupaten/kota di NTB, juga dari kabupaten dan provinsi lain," kata Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Provinsi NTB H Supran, saat menyampaikan laporan pada pembukaan NTB Expo 2013, Rabu sore.

NTB Expo 2013 yang merupakan kegiatan rutin setiap tahun, dan saat ini merupakan kegiatan ke-11 itu dibuka oleh Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi.

NTB Expo 2013 itu terlaksana atas kerja sama Pemerintah Provinsi NTB dengan PT Solindo Duta Convex yang berbasis di Jakarta.

Supran menyebut sembilan provinsi yang ikut ambil bagian dalam pelaksanaan NTB Expo itu yakni Jakarta Selatan dan Jakarta Utara Provinsi DKI Jakarta, Kabupaten Pekalongan Provinsi Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Porvinsi Sulawesi Tenggara, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Provinsi Kalimantan Selatan, Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Provinsi NTB sebagai tuan rumah.

Perwakilan peserta NTB Expo itu merupakan unsur pemerintah daerah dari dinas/badan dan kalangan pengusaha. Expo ini melibatkan 300 koperasi dan UMKM, belum termasuk pendamping dinas instansi dans sebagai tuan rumah NTB menyiapkan 70 unit stan.

Sementara produk yang ditampilkan dalam NTB Expo itu yakni industri kerajinan dan produk unggulan daerah masing-masing. Selain pemeran yang dibuka setiap hari mulai pukul 10.00 Wita hingga 22.00 Wita, kata Supran, juga digelar perlombaan keseninan rakyat dan pemutaran film pembangunan.

"Target transaksinya sedikitnya Rp1 miliar, belum termasuk transaski pedagang kaki lima di sekitar areal pameran," ujarnya.

Menurut dia, NTB Expo yang digelar secara rutin setiap tahun itu bertujuan menumbuhkembangkan koperasi usaha kecil dan menengah dalam upaya pembangunan daerah.

Selain itu, untuk meningkatkan kesempatan kepada pengusaha kecil menengah dan koperasi khususnya di NTB untuk mempromosikan dan memperkenalkan semua produk dan jasa melalui pengembangan kemitraan dengan pengusaha luar daerah.

"Juga, untuk memperkenalkan NTB sebagai daerah potensi pariwisata, dan upaya mendukung sektor pembangunan lainnya," ujarnya.(*)