Pemprov mantapkan program "NTB In My Hand"

id Program NTB In May Hand, mantapkan dalam rakornis

"Aplikasi ini baru akan menghasilkan output yang baik dan benar jika ada masukan yang baik pula. Makanya data yang dihimpun harus tetap dan akurat serta dapat pertanggungjawabkan, sehingga aplikasi ini dapat dipergunakan sebagai rujukan dalam berbaga
Mataram (Antara Mataram) - Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar rapat koordinasi teknis di Mataram, Kamis, guna memantapkan program NTB satu data atau "NTB in may hand".

Rapat koordinasi teknis (rakornis) aplikasi sistem informasi strategis itu dipimpin oleh Wakil Gubernur NTB H Muh Amin, yang dihadiri seluruh pimpinan SKPD terkait di jajaran Pemprov NTB.

Program "NTB in may hand" merupakan aplikasi sistem informasi yang dapat dipergunakan untuk menghimpun, mengolah, dan menghasilkan informasi yang bersifat strategis, yang dibutuhkan oleh pimpinan daerah.

Amin mengatakan, aplikasi tersebut akan mengintegrasikan data dan informasi dari berbagai SKPD, melalui jaringan komunikasi yang dibangun dengan memanfaatkan infrastruktur telkom.

Data dan informasi akan dikelola secara terpusat dan terpadu, menghasilkan data dan informasi yang berkualitas, dan tersampaikan dengan cepat, serta memangkas sekat-sekat birokrasi.

"Aplikasi ini baru akan menghasilkan output yang baik dan benar jika ada masukan yang baik pula. Makanya data yang dihimpun harus tetap dan akurat serta dapat pertanggungjawabkan, sehingga aplikasi ini dapat dipergunakan sebagai rujukan dalam berbagai analisa dan pengambilan kebijakan pimpinan," ujarnya di hadapan lebih dari 50 orang pejabat terkait lingkup Pemprov NTB.

Menurut Amin, perencanaan pembangunan harus berdasarkan data dan informasi yang realistis tentang kondisi daerah saat ini, dan kondisi yang diharapkan di masa mendatang.

Demikian pula tahapan evaluasi kinerja pembangunan daerah, yang juga selalu mengacu kepada data dan informasi yang akurat tentang hasil-hasil yang dicapai pada setiap program yang dilaksanakan.

"Fakta lapangan menunjukkan masih adanya berbagai persoalan terkait data dan informasi, seperti data tersebar di berbagai instansi, kualitas data belum terjamin, dan kesenjangan data antara yang dibutuhkan dengan yang tersedia," ujarnya.

Karena itu, Pemprov NTB membentuk forum data dan informasi pembangunan daerah, yang telah diperkuat dengan Surat Keputusan Gubernur NTB Nomor 73 Tahun 2012, sebagai bagian dari upaya mengatasi persoalan data dan informasi tersebut.

Forum tersebut merupakan wadah koordinasi berbagai SKPD dan instansi vertikal terkait, guna mengindentifikasi kebutuhan data pembangunan daerah yang komprehensif, sekaligus wadah membangun koordinasi penyediaan data, penyamaan persepsi tentang interpretasi statistik.

Selain itu, forum data dan informasi itu juga merupakan wadah peningkatan komitmen instansi terkait dalam menyediakan data yang berkualitas dan tepat waktu.

"Pemantapan program `NTB in my hand` ini merupakan bagian dari kegiatan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB pada 99 hari kerja pertama periode 2013-2018. Karena itu, harus serius dalam pembenahannya," ujar Amin. (*)