Idul Fitri- Arus Balik di Terminal Mandalika Masih Sepi

id Terminal Mandalika

Sampai saat ini kondisi arus balik penumpang di Terminal Mandalika belum mengalami peningkatan.
Mataram,  (Antara)- Hingga H+4 Idul Fitri 1435 Hijriyah, arus balik di Terminal Mandalika Mataram, Nusa Tenggara Barat, masih sepi.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pengelola Terminal Mandalika Kota Mataram Susanto di Mataram, Jumat, mengatakan sampai saat ini kondisi arus balik penumpang di Terminal Mandalika belum mengalami peningkatan.

Hal itu terlihat dari kondisi jumlah armada Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) yang datang baru 11 armada dengan jumlah penumpang di bawah 400 orang. Pada puncak arus balik armada AKAP yang tiba bisa mencapai 18 armada.

"Kondisi serupa juga terjadi pada Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP), di mana hingga saat ini kondisinya masih stabil," katanya.

Ia mengatakan, hal ini sebabkan karena libur Hari Raya Idul Fitri masih berlangsung hingga tanggal 3 Agustus 2014.

Sehingga susanto, memprediksi puncak arus balik akan terjadi pada H+5 dan H+6 yakni tanggal 2 dan 3 Agustus 2014. Mengingat pada tanggal 4 merupakan hari pertama masuk kerja bagi semua jajaran pemerintah daerah dan sebagian pegawai swasta.

Pada puncak arus balik itu, katanya, jumlah penumpang baik AKAP maupun AKDP akan mencapai lebih diatas 1.000 penumpang.

Terkait dengan itu, pihaknya terus memberikan pelayanan maksimal kepada para pemudik yang berada di Terminal Mandalika.

"Hal ini sebagai komitmen Pemerintah Kota Mataram dalam memberikan kenyaman dan keamanan penumpang selama berada di lingkungan terminal," katanya.

Pihaknya juga menyediakan posko kesehatan gratis bagi para penumpang dan pekerja di kawasan Terminal Mandalika. Sehingga mereka bisa melanjutkan perjalanan dengan nyaman.

Selain itu juga terdapat posko anti narkoba, dimana setiap sopir yang akan jalan membawa armada pemudik terlebih dahulu melakukan tes urine untuk memastikan sopir bersangkutan bebas narkoba.

Sedangkan terkait dengan kondisi kerawanan dan premanisme di kawasan Terminal, pihaknya bersama tim dari Kepolisian, Danramil terus melakukan pengawasan dan pengaman bahkan dengan membuat posko pengamanan, agar para pemudik merasa aman dan nyaman berada di Terminal.

"Sampai saat ini, belum ada aksi-aksi yang mengarah pada tindakan mengganggu kamtibmas khususnya di lingkungan Terminal," katanya.