PDAM Pasang Pipa Sambungan Tingkatkan Debit Air

id PDAM

Langkah ini merupakan salah satu upaya menjawab keluhan masyarakat yang selama ini sering merasakan debit air yang kurang maksimal pada jam-jam tertentu
Mataram,  (Antara) - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Giri Menang, Nusa Tenggara Barat melakukan pemasangan pipa saluran induk sepanjang sembilan hingga 11 kilometer untuk meningkatkan debit air kepada pelanggan.

"Langkah ini merupakan salah satu upaya menjawab keluhan masyarakat yang selama ini sering merasakan debit air yang kurang maksimal pada jam-jam tertentu," kata Direktur PDAM Giri Menang Lalu Ahmad Zaini di Mataram, Rabu.

Dikatakannya, anggaran untuk pemasangan pipa saluran induk air bersih dengan ukuran antara 12 hingga 14 inch tersebut sebesar Rp25 miliar yang bersumber dari APBN.

Ia mengatakan pemasangan pipa induk itu dilakukan mulai dari perbatasan Kota Mataram bagian timur yakni di wilayah Bug-Bug, Lingkar Utara Kota Mataram, Ampenan dan akan menyusul ke kawasan Lingkar Utara Kota Mataram.

Menurutnya, selain pemasangan pipa, pihaknya juga akan melakukan pengeboran di kawasan Jalan Udayana untuk menormalkan air terutama untuk masyarakat di kawasan Taman Sejahtera dan di Jalan Energi di Ampenan.

"Namun, kami belum menentukan lokasi pengeboran di Jalan Udayana, karena kita masih berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Mataram dimana kawasan yang dianggap layak," katanya.

Ia mengharapkan dengan adanya upaya-upaya itu, masyarakat di Kota Mataram bisa mendapatkan aliran air bersih dengan normal.

Ia mengatakan total jumlah pelanggan PDAM Giri Menang saat ini sebanyak 95.575 ribu. Meliputi 60.617 pelanggan berasal dari Kota Mataram dan 34.958 pelanggan dari Kabupaten Lombok Barat.

Ketua Komisi II DPRD Kota Mataram H M Zaini sebelumnya meminta agar pihak PDAM melakukan terobosan dan mencari solusi terhadap peningkatan debit air.

Pasalnya, keluhan yang sering kali disuarakan oleh masyarakat adalah debit air yang kurang pada jam-jam tertentu, terutama pada pagi dan sore hari.

"Kami akui itu memang kasuistik, tetapi keluhan ini harus tetap diperhatikan," katanya.




(T.KR-NKL/B/Z003/Z003) 17-09-2014 16:22:18