Wali Kota Surabaya imbau orang tua awasi anak-anaknya berwisata

id Wali kota surabaya,Orang tua,anak-anak,wisata,libur lebaran

Wali Kota Surabaya imbau orang tua awasi anak-anaknya berwisata

Foto Arsip - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama istri mencoba wahana di di Romokalisari Adventure Land pada Minggu (26/9/2022). (ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya.)

Surabaya (ANTARA) - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengimbau para orang tua mengawasi anak-anaknya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat berwisata di Kota Pahlawan, Jatim, saat libur Lebaran tahun ini.

"Terutama kalau sedang berlibur di Romokalisari Adventure Land itu kan ada perahunya, nah maka dari itu kami minta untuk berhati-hati," ujar Cak Eri panggilan akrab Eri Cahyadi dalam keterangan tertulisnya di Surabaya, Senin.

Cak Eri menyampaikan, jumlah kunjungan wisata di Surabaya sudah mulai meningkat seperti halnya di Romokalisari Adventure Land, taman kota, Alun-Alun Suroboyo, Tempat Hiburan Pantai (THP) Kenjeran, wisata Mangrove Wonorejo, Kebun Binatang Surabaya (KBS) dan lainnya.

Untuk itu, ia menginstruksikan jajarannya untuk bersiaga melakukan pengamanan di tempat-tempat wisata selama libur Lebaran.

"Seperti di Romokalisari Adventure itu kan sudah naik jumlah kunjungannya, agar keselamatan dan keamanan terjamin, Satpol PP, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) itu ada di sana (tempat-tempat wisata) semuanya," katanya.

Meskipun wisata di Surabaya sudah terjamin keamanannya, Cak Eri tetap mengingatkan kepada masyarakat agar tidak lengah dan mawas diri.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, Wiwiek Widayati menjelaskan, sebelum libur Lebaran, telah berkoordinasi dengan pengelola pariwisata di Surabaya untuk mengutamakan keamanan dan keselamatan sarana prasarana wisatanya.

Selain itu, Wiwiek mengaku, juga sudah melakukan pengecekan di tempat-tempat wisata yang ada di Surabaya.
 

"Tanggal 27 Maret 2023 lalu sudah kami keluarkan surat edaran untuk pengelola wisata di Surabaya, persiapan dalam menyambut libur Lebaran. Pada intinya, mereka harus mengutamakan keamanan dan keselamatan sarana prasarana yang digunakan," ucapnya.
 

Wiwiek mengatakan, wisata yang dikelola oleh pemkot juga sudah dilakukan pengecekan sarana prasarananya, mulai dari wisata Romokalisari Adventure Land, THP Kenjeran, Wisata Perahu Kalimas, dan sebagainya.
 

Wiwiek menambahkan, selama libur lebaran pemkot juga membuka museum-museum yang ada di Kota Pahlawan mulai dari museum pendidikan hingga di Tugu Pahlawan.
Baca juga: Pengunjung wisata Pasir Putih Situbondo meningkat libur Lebaran

 

"Museum tetap kami buka, KBS juga buka, hingga THP kenjeran. Pada intinya, kami dari pemkot telah mengimbau kepada seluruh pengelola tempat-tempat wisata di Surabaya untuk menjaga keselamatan dan keamanannya selama libur Lebaran," katanya.