Thailand jajaki Kerja Sama dengan Kota Mataram

id Thailand

Kunjungan ini merupakan kunjungan balasan karena jajaran dari Akademi Pariwisata Mataram (Akpar) telah melakukan kunjungan ke Thailand untuk melihat progran `vocational`
Mataram,  (Antara)- Delegasi dari Thailand menjajaki kerja sama bidang pendidikan dan pariwisata dengan Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, sebagai salah satu upaya meningkatkan sumber daya manusia untuk menghadapi diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015.

Delegasi pendidikan dari Thailand yang dipimpin konsultan eksekutif Phansak Rojanakat saat diterima di pendopo Wali Kota Mataram, Selasa, mengatakan kerja sama dalam bidang pendidikan dan pariwisata ini telah dilakukan di beberapa daerah di Indonesia.

Kota Mataram dipilih karena sektor pendidikannya sudah cukup maju dan ada potensi pariwisata.

"Kunjungan ini merupakan kunjungan balasan karena jajaran dari Akademi Pariwisata Mataram (Akpar) telah melakukan kunjungan ke Thailand untuk melihat progran `vocational`," katanya dalam bahasa Thailand yang diterjemahkan salah seorang dosen Akpar Mataram.

Kerja sama yang ditawarkan dalam bidang pendidikan adalah pertukaran pelajar, dosen dan guru. Peluang itu sekaligus untuk mempromosikan potensi pariwisata di Kota Mataram dan NTB pada umumnya di Thailand.

"Kami berterima kasih sudah diberikan kesempatan untuk berkunjung ke Kota Mataram, kami berharap kerja sama ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar," katanya di hadapan sejumlah kepala satuan perangkat kerja daerah (SKPD) lingkup Pemerintah Kota Mataram.

Kedatangan delegasi pendidikan Thailand tersebut didampingi oleh Direktur Akpar Mataram Drs I Putu Gede, MPar beserja jajarannya.

Menanggapi peluang itu, Asisten II Setda Kota Mataram H Effendy Eko Saswito memberikan apresiasi terhadap delegasi Thailand yang telah menawarkan kesempatan kerja sama itu.

"Usulan kerja sama ini akan kami tindak lanjuti segera dengan melakukan koordinasi ke Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Mataram," katanya.

Program ini tentu memberikan peluang dan kesempatan bagi semua siswa di Kota Mataram untuk bisa mengikuti program pertukaran pelajar, guru bahkan dosen sebagai upaya peningkatan kualitas dan sumber daya manusia.

"Saat ini Dikpora juga telah menjalin kerja sama serupa dengan Pemerintah Malaysia. Mudah-mudahan kerja sama dengan Pemerintah Thailand ini dapat memberikan kesempatan dan ruang yang lebih bagi siswa, guru dan dosen," ujarnya.