Pemkot Siapkan Rp1,2 Miliar Untuk "Festival Mentaram"

id fM

"Ada tiga agenda utama yang akan kita laksanakan selama tiga hari itu. Tetapi rangkaiannya akan dimulai pada 1-10 Agustus 2015"
Mataram, (AntaraNTB)- Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, telah menyiapkan anggaran sebesar Rp1,2 miliar untuk menggelar kegiatan "Festival Mentaram 2015" yang akan berlangsung pada 6-8 Agustus.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Mataram H Abdul Latif Nadjib di Mataram, Selasa, mengatakan anggaran tersebut untuk menyukseskan kegiatan yang dirangkum dalam "International Folklore Festival".

"Ada tiga agenda utama yang akan kita laksanakan selama tiga hari itu. Tetapi rangkaiannya akan dimulai pada 1-10 Agustus 2015," katanya usai menggelar rapat persiapan "Festival Mentaram 2015".

Menurut dia, tiga agenda utama itu adalah parade budaya lokal, nasional dan internasional. Kemudian, pergelaran seni dan budaya yang akan diikuti oleh utusan daerah dan negara yang hadir, terakhir seminar tentang "folklore" atau cerita rakyat dari berbagai daerah dan negara termasuk cerita seni dan budaya.

"Seluruh rangkaian kegiatan dalam `Festival Mentaram` tersebut bersifat promosi pariwisata dan potensi daerah," ujarnya.

Latif mengatakan, besarnya kebutuhan anggaran itu juga karena Pemerintah Kota Mataram menanggung akomodasi, transportasi dan konsumsi tamu VVIP yakni dua orang utusan keraton yang siap hadir selama kegiatan berlangsung.

"Kalau memang sultan, raja atau utusan keraton hendak membawa permaisuri dan pengawalnya maka itu akan dibicarakan lebih lanjut," ujarnya.

Oleh karena itu, Latif menilai anggaran untuk mendukung menyukseskan kegiatan itu masih dirasakan kurang, karena idealnya untuk melaksanakan kegiatan skala internasional minimal dibutuhkan sekitar Rp1,5 miliar.

"Karena itu, kami telah mencoba usulkan sekitar Rp300 juta lagi agar kegiatan ini bisa dilaksanakan secara maksimal," katanya.

Namun demikian, dengan keterbatasan anggaran itu, pihaknya telah menjalin kerja sama dengan para pelaku usaha pariwisata untuk memberikan harga khusus bagi para tamu "Festival Mentaram".

Ditambahkannya, sejauh ini sejumlah negara yang sudah menyatakan siap untuk hadir dalam kegiatan "Festival Mentaram" antara lain Kesultanan Malaysia, Sri Lanka, dan Papua Nugini.

"Untuk bisa mengajak negara-negara lainnya, kami secara intensif melakukan komunikasi dengan kementerian luar negeri," katanya.

Target sementara, lanjutnya, tamu yang akan hadir dalam "Festival Mentaram 2015" sekitar 2.000 orang. Jumlah itu terdiri atas 1.500 tamu dari dalam daerah dan 500 tamu dari luar daerah dan luar negeri. (*)