Matahari Buka Gerai Di Mataram

id matahari

"Toko kami memilik konsep modern, tidak kalah dengan toko-toko lain di kota besar, sehingga kehadiran Matahari di sini diharapkan mampu memberi dampak positif bagi warga sekitar"
Mataram,  (Antara NTB)- Matahari Department Store meresmikan gerai terbarunya di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, dengan menempati Lombok Epicentrum Mall di Jalan Sriwajaya, Senin (15/6).

Gerai Matahari Department Store ke-139 itu diresmikan oleh Wakil Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana didampingi Ketua DPRD Kota Mataram H Didi Sumardi, Direktur Matahari Andre Rumantir, General Manager Lombok Epicentrum Mall Salim Abdad, dengan memukul "gendang beleq" salah satu alat kesenian tradisional lokal.

Andre Rumantir dalam kesempatan itu mengatakan Matahari Department Store di Lombok Epicentrum Mal menempati lahan seluas 7.300 meter persegi.

"Toko kami memilik konsep modern, tidak kalah dengan toko-toko lain di kota besar, sehingga kehadiran Matahari di sini diharapkan mampu memberi dampak positif bagi warga sekitar," katanya.

Desain gerai modern mengusung tata pencahayaan yang eksklusif namun tidak mengenyampingkan konsep ramah lingkungan, seluruh pencahayaan area toko menggunakan sistem penerangan LED (light emitting dioda) yang hemat energi.

Dia mengatakan, terdapat 400 tenaga kerja telah direkrut yang 90 persen berasal dari penduduk lokal Kota Mataram dan sekitarnya.

Kehadiran Matahari Department Store bisa membuka peluang kerja dan karir bagi tenaga kerja muda yang belum mendapatkan kesempatan selama ini, sekaligus mengurangi angka pengangguran di daerah ini.

"Pimpinan Matahari Department Store banyak yang meniti karier dari pramuniaga dan semoga kesempatan ini bisa membuka peluang bagi putra daerah menjadi pemimpin Matahari di daerah mana saja," kata Andre.

Menurut dia, setiap gerai Matahari yang diluncurkan memiliki nilai investasi yang bervariasi berkisar antara Rp30 miliar hingga Rp40 miliar per gerai.

Sementara, produk-produk yang dijual di Matahari Department Store 99 persen produk nasional.

Wakil Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana menyampaikan apresiasi dan rasa bangga dengan hadirnya Matahari di Mataram yang merupakan salah satu department store terkemuka di Indonesia.

Dia mengatakan, ekspansi bisnis Matahari ke Mataram tentu semakin memperkuat dukungan terhadap kebijakan politis pemerintah dalam rangka memperkuat aspek perdagangan dan jasa, sekaligus juga menunjukkan arah yang positif terhadap komitmen untuk memberikan stimulus terhadap investasi di Kota Mataram.

Selama ini, pertumbuhan investasi di Kota Mataram bergerak signifikan ke arah positif. Kenaikan investasi mencapai 12 persen setiap tahunnya.

Ini semua, lanjut Mohan, berkat semangat warga Kota Mataram untuk bersama-sama menjaga suasana di daerah ini sekaligus mendukung kebijakan politis pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas dan kesejahteraan masyarakat dengan memberikan ruang investasi dan keterbukaan informasi terhadap hal-hal terkait perizinan dan investasi.

Di sisi lain, wakil wali kota juga mengapresiasi rekrutmen pegawai di Matahari yang sebagian besar berasal dari pekerja lokal. Tenaga kerja yang direkrut tentunya merupakan usia produktif dan ini menjadi peluang bagi generasi muda di Kota Mataram untuk memulai merintis karir serta menata kehidupan mereka secara mandiri.

"Keberadaan Matahari diharapkan bisa memberikan rangsangan bagi masyarakat di Kota Mataram. Tidak hanya berorientasi bisnis, tetapi ada tanggung jawab sosial sebagai institusi bisnis sehingga masyarakat bisa merasakan kehadiran Matahari di Mataram," katanya.(*)