XL Tempatkan 170 BTS di Sepanjang Tol Cipali

id XL Jakarta

XL Tempatkan 170 BTS di Sepanjang Tol Cipali

Teknisi XL sedang melakukan pengecekan di salah satu menara BTS yang berada di pinggir Tol Cikopo Palimanan ( Cipali ) di Subang. Selasa (16/6). (1)

      Jakarta (Antara NTB) - PT XL Axiata Tbk (XL) telah menyiapkan infrastruktur jaringan di sepanjang jalan tol Cikopo – Palimanan (Cipali). Setidaknya 170 BTS telah beroperasi melayani masyarakat yang melintas dan berada di sekitar jalan tol terpanjang di Indonesia itu.
     Selain itu, XL juga telah menempatkan BTS di sepanjang jalan tol Gempol – Pandaan, Jawa Timur.
     Direktur dan Chief Service Management Officer XL Ongki Kurniawan, mengatakan keberadaan jalan tol Cipali sangat strategis bagi lalu-lintas orang dan barang di Pulau Jawa. Jalan ini akan menjadi pilihan utama siapa saja yang akan melintasi Pantura.
     "Karena itu, XL juga memprioritaskan pemasangan infrastruktur jaringan yang memadai di sepanjang jalan bebas ini, dan puluhan BTS sudah bisa melayani pelanggan sejak pertama kali jalan ini dibuka untuk dilintasi," katanya.
     Ongki menambahkan, rata-rata kualitas jaringan di sepanjang tol sejauh 116,7 km yang baru saja diresmikan penggunaannya oleh Presiden Joko Widodo itu cukup baik. Sekitar 50 persen telah terlayani oleh jaringan 3G. Sementara itu ruas jalur yang tidak mendapatkan layanan 3G, terlayani oleh jaringan 2G dengan kualitas yang baik. Ke depan, XL akan terus meningkatkan kualitas jaringan di sana.
     Guna mengantisipasi lonjakan trafik saat musim pulang kampung menjelang Lebaran, XL sudah menyiapkan beberapa rencana. Salah satunya adalah menempatkan beberapa mobile BTS di Cipali. Selain itu, juga ada tambahan sedikitnya 22 BTS 3G yang akan siap melayani pelanggan sebelum musim mudik Lebaran.
     Selain di Cipali, XL juga sudah menempatkan infrastruktur jaringan di sepanjang jalan tol baru lainnya, yaitu Tol Gempol – Pandaan di Jawa Timur. Pada jalan bebas hambatan sepanjang 13,6  km tersebut, XL menempatkan sedikitnya 18 BTS untuk memastikan layanan XL mampu terakses bagi pelintas dan masyarakat yang berada di sekitarnya. Jalan ini akan menjadi pilihan utama lalu-lintas antara Surabaya – Malang, yang selama ini dikenal dengan rawan macetnya.
     Untuk mengantisipasi lonjakan trafik di sejumlah jalur utama mudik jelang Idul Fitri tahun ini, XL telah mempersiapkan secara maksimal jaringannya, baik di Jawa maupun di pulau-pulau utama lainnya, antara lain dengan menguji kesiapannya. Uji jaringan atau network drive test lazim dilakukan oleh operator telekomunikasi untuk mengetahui kekuatan sinyal, kualitas jaringan, dan kualitas layanan di suatu tempat.
     Sesuai standar, alat yang dipergunakan adalah alat ukur (TEMS) dan Tools – komputer (Map Info).Teknis melakukan uji jaringan bisa menggunakan kendaraan yang bergerak, baik bus atau pun kereta api. XL sendiri melakukan uji jaringan seperti ini secara berkala di seluruh wilayah layanan.
     XL telah memiliki jaringan infrastruktur fiber optik sepanjang lebih dari 30 ribu km, serta BTS sebanyak lebih dari 52 ribu BTS (4G/3G/2G) yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. (*)