Pemkot gelar lomba kebersihan kelurahan berhadiah umrah

id Lomba Kebersihan

Sejumlah pelajar mengumpulkan sampah yang berserakan saat acara "Gerakan Bersih Pantai" di Pantai Ampenan. (Antara Foto) (1)

"Bagi kelurahan yang berhasil menjadi juara satu, kita menyiapkan hadiah umrah untuk lurahnya"
Mataram (Antara NTB) - Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, akan menggelar lomba kebersihan lingkungan dalam rangka menyambut HUT NTB tanggal 17 Desember 2015 dengan hadiah utama umrah.

"Bagi kelurahan yang berhasil menjadi juara satu, kita menyiapkan hadiah umrah untuk lurahnya dan memberikan bendera putih sebagai simbol kelurahan terbersih di kota ini," kata Penjabat Wali Kota Mataram Hj Putu Selly Andayani di Mataram, Jumat.

Menurut Selly yang ditemui di sela penerimaan tim penilai lomba komunitas peduli sungai tingkat nasional tahun 2015 dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian Perumahan Rakyat mengatakan, kegiatan lomba ini juga untuk melihat peran serta para pejabat pemerintah daerah yang tinggal di kelurahan itu.

"Kita ingin melihat gerakan dan motivasi apa yang akan dilakukan para pejabat dalam mendukung upaya menciptakan kebersihan di kelurahan masing-masing," katanya.

Menuru dia, jika pemenang lomba mendapatkan bendera putih, maka kelurahan yang mendapat nilai terendah akan ditancapkan bendera hitam.

Bendera hitam sebagai simpul sekaligus motivasi bagi kelurahan untuk berkreasi dan berinovasi meningkatkan kesadaran masyarakat menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

"Sedangkan, hadiah umrah itu sebagai penghargaan dan motivasi bagi semua kelurahan agar mampu mencontoh kelurahan yang sudah berhasil melaksanakan pemberdayaan masyarakatnya dalam bidang kebersihan," katanya.

Selly yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pendapatan Daerah Provinsi NTB ini mengatakan, penilaian lomba kebersihan kelurahan itu akan dimulai pada bulan Oktober 2015.

"Penilai akan dilakukan selama dua bulan yakni Oktober dan November, sedangkan pengumuman pemenang pada puncak HUT NTB akhir tahun ini," katanya.

Menanggapi lomba kebersihan kelurahan dengan hadiah umrah tersebut, Lurah Banjar Muzakkir Walad mengatakan optimistis Kelurahan Banjar, Kecamatan Ampenan, akan keluar sebagai pemenang.

"Tahun lalu kami juga sudah berhasil menjadi juara I lomba kebersihan kelurahan tingkat Kota Mataram," katanya optimistis.

Hal itu didukung dengan berbagai prestasi yang pernah diraih Kelurahan Banjar dalam bidang kebersihan baik tingkat kota, provinsi dan saat ini tingkat nasional.

"Melalui komunitas `IBRA` (ini baru Banjar) saat ini kami menjadi salah satu dari enam nominator lomba komunitas peduli sungai tingkat nasional mewakili Provinsi NTB," katanya.

Selain itu, Kelurahan Banjar juga pernah menjadi juara I tingkat Provinsi NTB dalam lomba sanitasi total berbasis masyarakat (STBM).

"Insya Allah jika ada lomba kebersihan tingkat Kota Mataram, kami akan keluar menjadi pemenang dengan meningkatkan peran masyarakat melalui komunitas `IBRA`," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Awaludin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar