Pemkot Mataram Gotong Royong Sambut HPN

id HPN NTB

"Jadi kita harus persiapkan secara maksimal terutama kebersihannya, agar para tamu bisa nyaman,"
Mataram (Antara NTB)- Pemerintah Kota Mataram akan melaksanakan gotong royong di kawasan Jalan Udayana pada Jumat (5/2) sebagai salah satu persiapan menyambut Hari Pers Nasional (HPN) 2016 yang akan berlangsung di kota ini.

Penjabat Wali Kota Mataram Hj Putu Selly Andayani di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Senin, mengatakan Jalan Udayana menjadi salah satu lokasi pusat kegiatan perayaan puncak HPN.

"Jadi kita harus persiapkan secara maksimal terutama kebersihannya, agar para tamu bisa nyaman," katanya.

Dalam kegiatan gotong royong itu, pihaknya akan melibatkan ribuan pegawai negeri sipil (PNS) serta para petugas kebersihan.

Menurutnya, beberapa acara yang akan berlangsung di Jalan Udayana adalah hiburan rakyat di Taman Bumi Gora pada Sabtu (6/2) malam dengan mendatangkan artis ibu kota.

Selanjutnya, di Jalan Udayana pada Minggu (7/2) pagi akan dilaksanakan jalan sehat sekaligus beberapa kegiatan sosial, penyerahan bantuan dan pasar murah.

"Jamuan makan malam akan kita laksanakan pada Minggu (7/2) malam di aula pendopo wali kota dengan jumlah tamu sekitar 500 orang," ujarnya.

Untuk itu, penanganan sampah harus menjadi atensi bersama, agar para tamu HPN bisa merasa nyaman selama berada di kota ini.

Apalagi, tamu-tamu yang akan hadir dalam HPN adalah dari berbagai kalangan dan negara, termasuk sejumlah kedutaan besar beberapa negara, menteri bahkan Presiden juga direncanakan akan hadir.

Karena itu, Selly juga meminta aparat kecamatan dan kelurahan untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat terhadap jam buang sampah selama HPN berlangsung yakni mulai tanggal 5-10 Februari 2016.

Selama HPN berlangsung, lanjutnya, masyarakat silakan membuang sampah ke TPS pada malam hari agar petugas bisa mengangkutnya pada pukul 05.00 WITA.

Sementara, sampah dari pagi hingga sore, masyarakat hendaknya menyimpan dulu di rumah masing-masing dan dibawa ke TPS pada malam harinya.

"Kita sangat berharap agar masyarakat bisa mematuhi aturan itu, sebagai salah satu bentuk dukungan menyuskseskan HPN 2016 di Mataram," katanya

Menurutnya, jika perubahan jam kerja dan buang sampah selama HPN dinilai efektif dan berdampak positif, tidak menutup kemungkinan hal itu akan diterapkan secara tetap.

"Dengan demikian setiap pagi hingga sore, TPS di Kota Mataram akan bersih dari sampah," katanya. (*)