Polda NTB perkuat benteng keamanan wilayah

id Polda NTB

Polda NTB perkuat benteng keamanan wilayah

Polisi siap melayani dan mengayomi masyarakat. (Antara Foto) (1)

Peringatan waspada itu hal yang wajar disampaikan oleh sebuah pemerintahan"
Mataram (Antara NTB) - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat memperkuat benteng keamanan wilayah untuk tetap menumbuhkan dan menciptakan rasa aman bagi seluruh masyarakat termasuk para wisatawan lokal maupun mancanegara.

"Untuk memberikan rasa aman dan nyaman di masyarakat maupun para wisatawan, kami terus berupaya meningkatkan pengamanan. Salah satunya dengan meningkatkan kehadiran anggota berseragam di tempat-tempat umum," kata Kabid Humas Polda NTB AKBP Tri Budi Pangastuti di Mataram, Kamis.

Adanya kekhawatiran dari negara tetangga Australia, yang sampai mengeluarkan imbauan waspada melalui Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Australia (DFAT), Tri Budi menilai hal tersebut adalah hal wajar yang ditunjukkan sebuah pemerintahan kepada warganya.

"Peringatan waspada itu hal yang wajar disampaikan oleh sebuah pemerintahan, karena teror bisa saja terjadi dimana pun dan menyasar kepada siapa pun," ujarnya.

Australia merilis peringatan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman teroris, termasuk di Indonesia, yang salah satunya disebutkan di Lombok.

Polda NTB sudah mengambil langkah antisipasi terkait hal-hal yang menjadi kekhawatiran dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), termasuk mencegah aksi terorisme di wilayah ini.

"Kita pastinya tetap memantau jaringan-jaringan teroris atau pun sejenis ideologi garis keras (igaras) maupun para pendukungnya yang kemungkinan ada di wilayah hukum kami," ucapnya.

Upaya tersebut didukung dengan meningkatkan pengamanan, penjagaan, maupun patroli kawasan, termasuk tetap menggalakkan razia, tentunya terus meningkatkan sinergi dengan pihak keamanan lainnya.

"Pengamanan di objek-objek vital seperti pelabuhan, bandara, kawasan wisata Kuta, Gili Trawangan, atau pun pusat-pusat keramaian yang ada di tempat-tempat umum, selalu diketatkan. Kalau pun ada yang dicurigai, pastinya akan langsung diambil tindakan tegas," kata Tri Budi.

Meski dengan pengamanan yang "super ketat", Polda NTB tetap mengingatkan dan mengimbau masyarakat maupun para wisatawan untuk tetap waspada dimanapun berada. Jika menemukan suatu hal yang dicurigai, diharapkan untuk segera melaporkannya kepada pihak kepolisian atau pihak keamanan yang berada di sekitar lokasi. (*)