Ratusan Pesepeda Ikuti Mountain Bike Lombok 2016

id MTB

Ratusan Pesepeda Ikuti Mountain Bike Lombok 2016

CEK TREK MTB JELAJAH RIMBA Kepala Dinas Kehutanan Provinsi NTB, Andi Pramaria (kanan) bersama tim MTB Jelajah Rimba 2016 melintas di trek Jurang Belo saat melakukan pengecekan trek yang akan dilalui peserta MTB Jelajah Rimba di Dusun Sesaot, Desa Bu

"Kalau semua peserta mengunggah dokumentasi kegiatan ini ke media sosial, maka akan membantu promosi pariwisata NTB secara kreatif dan masif,"
Mataram (Antara NTB) - Sebanyak 450 orang peserta dipastikan mengikuti ajang mountain bike (MTB) bertajuk Jelajah Rimba Pesona Lombok Sumbawa 2016 di Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat, 19 Maret mendatang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB, Lalu Moh Faozal di Mataram, Minggu, mengatakan jumlah peserta MTB Jelajah Rimba yang mencapai 450 orang patut diacungi jempol. Sebab, antusiasme pesepeda untuk terlibat dalam kegiatan yang baru pertama kali diadakan ini begitu tinggi.

"Saya senang kegiatan MTB Jelajah Rimba ini meriah dengan total peserta mencapai 450 orang. Apalagi, peserta gowes tidak hanya berasal dari NTB namun juga berasal dari Bali dan Jakarta," katanya.

Ia menuturkan, meski baru pertamakali digelar, namun ajang "MTB Jelajah Rimba Pesona Lombok Sumbawa 2016" langsung menyedot minat para penghobi sepeda gunung untuk ikut berpartisipasi.

Antusiasme yang ditunjukkan oleh 450 peserta dari 75 komunitas sepeda MTB yang ada ini harus menjadi momentum agar wisata sepeda di NTB bisa terus dipromosikan dan dikembangkan. Tidak hanya itu, Lombok juga bisa menjadi pilihan destinasi "sport tourism".

Mantan Kepala Museum NTB ini, berharap kegiatan MTB Jelajah Rimba bisa terus tersosialisasikan dengan baik di tingkat nasional bahkan internasional. Agar masyarakat mengetahui NTB memiliki banyak destinasi "sport tourism".

"Kegiatan yang akan melibatkan Gubernur NTB, Bupati Lombok Barat, Pimpinan Media Massa, DPRD NTB, DPRD Lombok Tengah serta 75 komunitas sepeda sebagai peserta ini menjadi acara MTB pertama dengan jumlah peserta terbanyak di NTB," jelasnya.

Karena itu, kata Fauzal, kegiatan-kegiatan serupa perlu terus dilakukan mengingat banyak komunitas sepeda MTB yang eksis di NTB, termasuk luar NTB guna mempromosikan sport tourism. Bahkan, komunitas-komunitas penghobi sepeda ini bisa berperan besar dalam promosi wisata bersepeda di NTB.

Ia menambahkan, tambahan lomba foto dalam ajang "MTB Jelajah Rimba" akan menjadi media efektif untuk mempromosikan sport tourism melalui media sosial.

terangnya.

Sementara Kepala Dinas Kehutanan Provinsi NTB, Andi Pramaria juga sangat antusias dengan banyaknya peserta even yang diselenggarakan Dinas Kehutanan NTB bermitra d"Kalau semua peserta mengunggah dokumentasi kegiatan ini ke media sosial, maka akan membantu promosi pariwisata NTB secara kreatif dan masif," engan PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) ini. Bahkan, Andi menjelaskan bahwa semua persiapan untuk acara ini sudah hampir rampung.

"Insyaallah ini akan menjadi even yang menarik sebagai bagian dari peringatan Hari Rimbawan 2016," kata Andi. (*)