Polres Mataram galakkan peran Babinkamtibmas sambut Ramadhan

id Polres Mataram

Polres Mataram galakkan peran Babinkamtibmas sambut Ramadhan

Ilustrasi - Anggota Polisi Babinkamtibmas dan Babinsa TNI AD apel siaga bersama. (ANTARA Jatim) (1)

"Peran Babinkamtibmas kita tingkatkan, khususnya untuk memantau aktivitas warga yang ada di wilayahnya"
Mataram (Antara NTB) - Kepolisian Resor Mataram, Nusa Tenggara Barat, menggalakkan peran bintara pembinanaan dan keamanan ketertiban masyarakat (Babinkamtibmas) dalam menyambut bulan Suci Ramadhan yang jatuh pada pertengahan Juni mendatang.

"Peran Babinkamtibmas kita tingkatkan, khususnya untuk memantau aktivitas warga yang ada di wilayahnya," kata Kapolres Mataram AKBP Heri Prihanto kepada wartawan, di Mataram.

Pernyataan tersebut disampaikan Heri setelah melakukan evaluasi dan analisis tingkat kriminalitas di tahun 2015. Angka kriminalitas yang terjadi di tengah masyarakat pada bulan Suci Ramadhan, disebutkannya dapat meningkat mencapai 20 persen.

Berdasarkan hasil evaluasi dan analisis tahun 2015, kriminalitas yang terjadi masih seputar aksi pencurian. Kegiatan ini kerap terjadi di kawasan perumahan yang biasanya ditinggal penghuni mudik ke kampung halaman.

"Biasanya jauh hari sebelum lebaran, banyak penghuni di kawasan perumahan, sudah meninggalkan rumahnya. Kondisi ini yang menjadi kesempatan para pelaku untuk melancarkan aksi," ujar mantan Kapolres Lombok Timur itu.

Dalam upaya menekan angka kriminalitas di bulan Suci Ramadhan nanti, Polres Mataram pun telah membuat sebuah wadah kegiatan untuk dijadikan sebagai ajang peningkatan kinerja anggota. Wadah kegiatan yang dimaksudkannya yaitu pertandingan olahraga.

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Bhayangkara Ke-70 yang jatuh pada 1 Juli mendatang. Bertepatan dengan perayaannya, pertandingan olahraga pun akan digelar sepanjang bulan Suci Ramadhan.

"Kegiatan ini resmi dimulai pada hari ini hingga puncak acara pada 1 Juli mendatang," katanya.

Heri menjelaskan, kegiatan pertandingan olahraga ini bukan hanya untuk memeriahkan perayaan HUT Bhayangkara Ke-70. Melainkan, momentum ini diharapkan dapat menjadi ajang untuk memupuk rasa kebersamaan antaranggota Polres Mataram dan seluruh jajaran.

"Jadi ada maksud dan tujuannya, selain sarana berkumpul anggota, kita juga dapat saling bertukar informasi dan memantau situasi di setiap lingkungan," ucap Heri.

Untuk itu, kegiatan olahraga di bulan Suci Ramadhan akan dilaksanakan pada malam hari. "Selesai tarawih, terutama pada jam rawan malam, pertandingan olahraganya akan digelar," ujarnya. (*)