Swiss di gerbang 16 besar setelah imbang dengan Rumania

id Liga Eropa

Swiss di gerbang 16 besar setelah imbang dengan Rumania

Gol tunggal yang dicetak Fabian Schaar, berhasil memenangkan Swiss dengan skor tipis 1-0 atas Albania dalam laga penyisihan Grup A Piala Eropa 2016 di Stadion Felix Bollaert-Delelis, Lens, Prancis, Sabtu (11/6/2016). (REUTERS/Darren Staples Livepic)

Paris (ANTARA News) - Swiss berada di gerbang putaran 16 besar Piala Eropa 2016 setelah mereka mengamankan hasil imbang 1-1 melawan Rumania dalam pertandingan Grup A di Parc des Princes, Rabu.

Swiss, yang berhutang poin mereka pada gol Admir Mehmedi pada babak kedua, kini mengantongi empat poin dari dua pertandingan, sementara Rumania memiliki nilai satu setelah Bogdan Stancu membuka gol pada babak pertama.

Tuan rumah Prancis, dengan tiga poin, akan menjadi tim pertama yang mencapai putaran sistem gugur jika mereka mengalahkan Albania, yang belum mendapatkan nilai, pada pertandingan di Marseille Rabu malam.

Meskipun Swiss memiliki peluang bagus untuk lolos, setidaknya sebagai salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik, mereka mungkin menyesali kegagalan sejumlah peluang pada pertandingan yang bisa membawa mereka untuk pertama kali ke putaran sistem gugur kejuaraan Eropa.

Malah Rumania yang mendapatkan sesuatu menjelang pertandingan terakhir mereka melawan Albania.

Setelah kekalahan 1-2 dalam pertandingan pembuka turnamen melawan tuan rumah Prancis, Rumania memulai pertandingan dengan hati-hati, yang membuat lawan mereka mengambil momentum.

Pada menit ketujuh, pemain Swiss Haris Seferovic mengalahkan pemain belakang Vlad Chichires di dalam kotak penalti tapi upaya dengan kaki kanannya melebar ke sisi gawang.

Pemain depan itu mendapat peluang lainnya sembilan menit kemudian, namun dapat digagalkan kiper Ciprian Tatarusanu dengan kaki kirinya.

Tapi bagaimanapun Rumania mencetak gol pada peluang pertama mereka.



Penalti Stancu

Kapten tim Swiss Stephan Lichtsteiner menarik kaus Alexandru Chipciu di dalam kotak penalti dan Stancu mengeksekusi dengan baik tendangan penalti, yang membuat Rumania unggul pada menit ke-18.

Stancu, yang juga mencetak gol dari titik penalti ketika melawan Prancis Jumat lalu, menjadi pemain Rumania pertama yang mencetak dua gol pada kejuaraan Eropa.

Dua menit kemudian, Tatarusanu mementahkan tendangan voli Fabian Schaer dari jarak 20 meter ke atas mistar gawang yang membuat pertandingan menjadi lebih hidup.

Rumania mendapatkan peluang besar untuk menggandakan keunggulan mereka tapi tembakan Cristian Sapuranu hanya melebar ke sisi gawang.

Sundulan Blerim Dzemaili juga gagal saat Swiss kehilangan peluang lainnya sebelum turun minum.

Rumania bertahan dengan baik, tapi tidak ada yang bisa dilakukan oleh Tatarusanu pada menit ke-57 saat Mehmedi melepaskan tendangan setengah voli, yang masuk ke sudut jauh gawang Rumania.

Swiss terus melakukan tekanan dan pelatih Vladimir Petkovic mengganti Seferovic setelah pertandingan melewati satu jam dengan memasukkan pemain 19 tahun Breel Embolo, yang tidak memberikan pengaruh dalam penampilan yang mengecewakan.

Editor: Ade Marboen
(*)