2017 Pengelolaan Terminal Mandalika Mataram Resmi Diambilalih

id NTB TERMINAL MANDALIKA

Keputusan itu sudah sudah final, berdasarkan hasil rapat verifikasi pengalihan infrastruktur, personel, sarana dan parsarana Terminal Mandalika tipe A, di Jakarta pada tanggal 31 Agutus 2016
Mataram (Antara NTB)- Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), menyebutkan per 1 Januari 2017, pengelolaan Terminal Mandalika dan jembatan timbang resmi diambilalih pemerintah melalui Kementerian Perhubungan.

"Keputusan itu sudah sudah final, berdasarkan hasil rapat verifikasi pengalihan infrastruktur, personel, sarana dan parsarana Terminal Mandalika tipe A, di Jakarta pada tanggal 31 Agutus 2016," kata Kepala Bidang Pengendalian Operasional dan Rekayasa Lalu Lintas Dihubkominfo Kota Mataram Mahffuddin Noor di Mataram, Jumat.

Menurut Mahfuddin yang baru balik dari Jakarta, saat ini secara administrasi bangunan, aset dan personel Terminal Mandalika sudah diserahkaan kepada pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Dengan demikian, pengelolaan Terminal Mandalika oleh pemerintah kota hanya tinggal empat bulan ke depan, dan tepat tanggal 1 Januari 2017, Terminal Mandalika efektif dikelola Kemenhub.

Untuk pengalihan aset dan pengelolaan terminal, katanya, sejauh ini tidak ada masalah sebab sudah menjadi kebijakan dan komitmen bersama.

"Yang masih membutuhkan pembahasan lebih lanjut terhadap pengambilalihan terminal ini adalah personel yang ada di terminal," katanya.

Dimana di Terminal Mandalika terdapat 39 pegawai terdiri atas 13 pegawai berstatus aparatur sipil negara (ASN), dan 26 pegawai berstatus pegawai tidak tetap (PTT).

Sebelum status pegawai termimal ditetapkan, pihak Dishubkominfo menyarankan agar Kemenhub melakukan klarifikasi terlebih dahulu ke masing-masing pegawai, karena belum tentu mereka mau ditarik menjadi bagian dari pegawai Kemenhub.

"Begitu juga dengan para PTT, apakah di Kemenhub memperbolehkan adanya PTT atau tidak," sebutnya.

Dengan pengambilalihan operasional Terminal Mandalika ini, pihaknya berharap dan yakin pengelolaan terminal bisa lebih maksimal.

Apalagi, Terminal Mandalika merupakan terminal induk yang menghubungkan simpul-simpul transportasi sehingga berbagai infrastruktur, sarana dan prasarana serta pelayanan bisa ditingkatkan.

"Dari rencana pengelolaan terminal yang disampaikan, Kemenhub berkomitmen akan melakukan penataan secara masif dan optimal," katanya lagi. (*)