Marga Tionghoa NTB Gelar Silaturahmi Budaya Nusantara

id marga tionghoa

Marga Tionghoa NTB Gelar Silaturahmi Budaya Nusantara

"Dalam kegiatan tersebut kami ingin memperlihatkan adanya kebersamaan dalam kebhinekaan"
Mataram (Antara NTB) - Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) wilayah Nusa Tenggara Barat akan menggelar Silaturahmi Budaya Nusantara yang dipusatkan di Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Barat, mulai 9-12 Februari 2017.

Ketua Panitia Penyelenggara Silaturahmi Budaya Nusantara 2017 H Lalu Mariyun SH, kepada wartawan di Mataram, Rabu, menjelaskan kegiatan tersebut bertujuan untuk menunjukkan bahwa NTB, khususnya Kota Mataram aman dan damai dalam keberagaman.

"Dalam kegiatan tersebut kami ingin memperlihatkan adanya kebersamaan, tidak secara eksklusif, tidak saja latar belakang Tionghoa, tapi budaya nusantara dari Papua sampai Aceh," kata mantan Ketua Pengadilan Tinggi NTB itu.

Ketua Umum Harian PSMTI NTB The Sian Yung, menambahkan Silaturahmi Budaya Nusantara tersebut digelar dalam rangka Tahun Baru Imlek 2568.

Pihaknya menginisiasi kegiatan tersebut untuk merajut tali silaturrahmi dan kebhinekaan bersama seluruh komponen bangsa, khususnya yang ada di NTB.

"Kebetulan akhir-akhir ini situasi nasional kurang kondusif. Kami ingin berikan contoh bahwa NTB memberikan wadah seni dan budaya yang bisa diterima semua pihak," ujarnya.

Silaturahmi Budaya Nusantara 2017 merupakan kegiatan yang kedua kali, setelah sebelumnya digelar kegiatan serupa pada 2016.

Kegiatan tersebut mendapat dukungan dari organisasi lintas agama di NTB, seperti Nahdlatul Ulama (NU), Nahdlatul Wathan (NW), Muhammadiyah, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI), dan Gereja Katolik Lombok.

Selain itu, Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin), Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Perwakilan Umat Budha Indonesia (Walubi), dan Majelis Adat Sasak (MAS) juga turut mendukung kegiatan tersebut.

Pemerintah Provinsi NTB, Pemerintah Kota Mataram, TNI dan Polda NTB juga memberikan dukungan terhadap kelancaran kegiatan Silaturahmi Budaya Nusantara 2017.

Silaturahmi Budaya Nusantara akan dirangkaikan dengan bazar murah, pentas seni, pesta kuliner nusantara, pameran kaligrafi dan parade budaya nusantara. Kegiatan tersebut dipusatkan di Lombok City Center, Narmada, Kabupaten Lombok Barat.

Parade budaya nusantara yang digelar pada 11 Februari 2017 akan diikuti oleh 18 kontingen, di mana satu kontingen berjumlah hingga 40 orang yang akan menampilkan budaya dari seluruh provinsi di Indonesia. Peserta akan dilepas mulai dari depan Mataram Mall dan berakhir di perempatan Cakranegara. (*)