Lombok Barat Peroleh Penghargaan Pencegahaan Pernikahan Anak

id Lombok Barat

Lombok Barat Peroleh Penghargaan Pencegahaan Pernikahan Anak

Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi (kiri dua) menyerahkan penghargaan kepada Bupati Lombok Barat H Fauzan Khalid. (ist)

"Anugerah tersebut menegaskan Kabupaten Lombok Barat sebagai kabupaten memiliki komitmen mengatasi dan mencegah pernikahan anak di usia dini"
     Lombok Barat (Antara NTB) - Pemerintah Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat menerima Anugerah Pangripta Nusantara 2017 sebagai kabupaten yang mampu mengatasi dan mencegah pernikahan anak di usia dini dengan baik.
     Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) TGH Muhammad Zainul Majdi, pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi NTB tahun 2017, di Mataram, Kamis (6/4).
     "Anugerah tersebut menegaskan Kabupaten Lombok Barat sebagai bukti komitmen mengatasi dan mencegah pernikahan anak di usia dini," Bupati Lombok Barat H Fauzan Khalid.
     Ia mengatakan, dalam upaya melindungi anak dari perkawinan usia anak, Pemkab Lombok Barat membuat suatu terobosan yang dinamakan "GAMAQ" (Gerakan Anti Merariq Kodeq).
     Cara yang ditempuh yaitu dengan melahirkan awiq-awiq atau aturan masyarakat di tingkat desa.
     Strateginya dengan mengajak para pemuda sebagai inisiator dan penggerak yang kemudian menggandeng tokoh agama, tokoh masyarakat dan pihak sekolah untuk bersama-sama melakukan perlindungan terhadap anak.
     "Strategi itu dimaksudkan untuk mengakhiri perkawinan usia anak," kata Fauzan. (*)

Editor: Awaludin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar