Kapolres Mataram Sosialisasikan Pancasila Lewat Safari Ramadhan

id Lombok Barat

Kapolres Mataram AKBP Muhammad

"Kita harus ikut aturan. Sebagai warga negara Indonesia, kita berpedoman pada Pancasila. Sebagai Muslim, kita berpedoman pada Al Quran"
Lombok Barat (Antara NTB) - Kepala Kepolisian Resor Kota Mataram AKBP Muhammad memanfaatkan momen Safari Ramadhan 1438 Hijriah di Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, untuk menyosialisasikan Pancasila kepada masyarakat.

"Safari Ramadhan merupakan momen untuk mempererat tali silaturahmi antarsesama umat sekaligus sebagai sarana memberikan pencerahan tentang Pancasila," katanya pada Safari Ramadhan di Masjid Nururrahim, Desa Tanak Beak, Kabupaten Lombok Barat.

Hadir pada acara tersebut Bupati Lombok Barat H Fauzan Khalid dan Pimpinan Pondok Pesantren Al-Hikmah, Desa Bengkel, Kabupaten Lombok Barat TGH Zulkarnaen.

Muhammad mengajak jamaah memaknai Al Quran surat Al-Hujurat ayat 13 dan sila ke-3 Pancasila, di mana pada intinya mengajak pada upaya menjaga keamanan dengan memperkuat persatuan.

Ia menegaskan bahwa persatuan dan kesatuan adalah modal pembangunan bangsa. Oleh sebab itu, semua komponen bangsa harus berkomitmen untuk menjaganya.

"Kita harus ikut aturan. Sebagai warga negara Indonesia, kita berpedoman pada Pancasila. Sebagai Muslim, kita berpedoman pada Al Quran," ujarnya.

Bupati Lombok Barat H Fauzan Khalid mengapresiasi atas apa yang disampaikan Kapolres AKBP Muhammad.

Di samping pakar di bidangnya, menurut dia, AKBP Muhammad dinilai mampu memahami dan menyampaikan isi Al Quran dengan baik.

Oleh sebab itu, pria yang akrab disapa Ojan ini, juga mengajak warganya untuk bersama-sama menjadi manusia yang bermanfaat baik untuk diri, sesama manusia dan untuk negara.

"Boleh kita mengagumi kecerdasan atau kehebatan seseorang. Tapi kita juga harus cari tahu bagaimana mereka bisa cerdas dan pintar. Itu yang kita harus contoh dan ikuti. Dengan begitu bisa meningkatkan kualitas hidup kita," katanya.

Untuk bisa cerdas, lanjut Ojan, peran pendidikan sangat penting. Dengan pendidikan yang bagus, insya Allah kesejahteraan masyarakat juga akan bagus.

"Melalui kesempatan ini, saya mengajak orang tua untuk memperhatikan anak-anak supaya jangan sampai putus sekolah," ucapnya.  (*)

Editor: Awaludin
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar