Jumat, 20 Oktober 2017

Tujuh negara Asia Berburu Tiket Piala Dunia 2018

id Piala Dunia
Tujuh negara Asia Berburu Tiket Piala Dunia 2018
.
Hong Kong (ANTARA News) - Tujuh negara Asia masih harus bertarung dalam perburuan tiket menuju putaran final sepak bola Piala Dunia 2018 Selasa mendatang.

Iran dan Jepang sudah memastikan tempat di Rusia 2018, sementara Australia, Uni Emirat Arab, Korea Selatan, Suriah, Uzbekistan dan China masih menanti jatah melalui pertandingan-pertandingan pamungkas Selasa di Zona Asia.

Dari dua grup, masing-masing juara dan runner up lolos ke putaran final Piala Dunia, sedang peringkat ketiga akan saling beradu, di mana pemenangnya akan playoff lawan tim dari zona Concacaf untuk tiket ke Rusia.

Nasib Australia tergantung pada Jepang. Socceroos akan menjamu Thailand di Melbourne, dimana kemenangan pun tidak cukup untuk memastikan posisi dua besar grup jika Arab Saudi bisa mengalahkan Jepang di Jeddah.

"Tidak ada pertandingan yang lebih penting yang dapat saya katakan dalam 10 tahun terakhir sejak kami masuk zona Asia untuk kualifikasi Piala Dunia," kata kapten tim Australia Mark Milligan mengenai pertandingan lawan Thailand nanti.

Australia berada di urutan tiga klasemen Grup B, di bawah Arab Saudi yang unggul selisih gol.

Artinya, jika keduanya menang maka Arab Saudi yang dapat tiket langsung ke Rusia, sedangkan Australia harus playoff.

Uni Emirat Arab yang ada di peringkat empat secara matematis juga masih punya peluang ke urutan tiga Namun mereka harus menang besar atas Irak, dan berharap Australia dan Arab Saudi kalah telak.

Di grup B ada empat kemungkinan dalam perebutan jatah ke Piala Dunia.

Korsel bisa lolos langsung ke Rusia jika menang atas peringkat empat, Uzbekistan, di Tashkent.

Kekalahan bakal jadi bencana bagi Korea Selatan jika Suriah mengalahkan tuan rumah Iran.

Jika itu terjadi maka Suriah akan menduduki peringkat dua dengan keunggulan gol atas Uzbekistan.

Hal tersebut juga bakal menjadi prestasi luar biasa bagi tim nasional sepak bola Suriah, yang negaranya sedang tercabik perang sehingga harus melakukan pertandingan "home" di negara lain.

Namun pelatih Iran, Carlos Queiroz, menegaskan, meski sudah pasti lolos ke Rusia, para pemainnya tidak akan meremehkan Suriah.

"Mereka ada pemain profesional, berkarakter dan bangga bermain untuk bangsa Iran," kata Queiroz.

Sementara itu China yang dilatih Marcello Lippi berpeluang ke peringkat tiga jika bisa mengalahkan tuan rumah Qatar, namun Uzbekistan dan Suriah harus kalah. (*)

ANTARA News

Editor: Awaludin

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga