Kila Senggigi Beach Lombok Memperoleh "Green Hotel Award" 2017

id Kila Sengigi

Kila Senggigi Beach Lombok Memperoleh "Green Hotel Award" 2017

Safety & Eco Manager Kila Senggigi Lombok I Gde Bagus Suana, menunjukkan instalasi IPAL pengolah air limbah yang menjadi salah satu penilaian mendapatkan "Green Hotel Award 2017". (Foto ANTARA NTB/Awaludin)

"Kami berharap implementasi program penataan dan pengembangan kelestarian lingkungan dapat mengispirasi semua hotel di Pulau Lombok"
     Lombok (Antara NTB) - Kila Senggigi Beach Lombok mendapatkan penghargaan "Green Hotel Award" (GHA) 2017 karena berkomitmen menerapkan prinsip-prinsip pariwisata berkelanjutan.
     Penghargaan diserahkan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya, saat Apresiasi Pesona Destinasi Pariwisata Indonesia (APDPI), di Jakarta, pada 27 September 2017.
     Menurut Deputi Bidang Destinasi Industri Pariwisata, Kementerian Pariwisata Dadang Rizki Ratman, penghargaan tersebut diberikan kepada pelaku industri pariwisata dan masyarakat yang telah berkomitmen prinsip-prinsip pariwisata berkelanjutan (sustainable tourism) dalam pengelolaan pariwisata di daerahnya.
     "Green Hotel Award tahun 2017 diberikan kepada 10 hotel terbaik dan di ikuti oleh semua hotel bintang 4 dan bintang 5 di Indonesia," katanya.
     Penilaian Green Hotel Award sendiri meliputi 14 kriteria. Yakni, kebijakan dan organisasi green team, pengelolaan tapak yang ramah lingkungan, penggunaan bahan baku dan produk ramah lingkungan, juga penyerapan kandungan lokal.
     Kemudian pengelolaan konservasi dan efisiensi energi, pengelolaan konservasi dan efisiensi air, pengelolaan kualitas udara dalam dan ruang, ruang bangunan, pengelolaan limbah padatan dan air, pengelolaan lahan sekitar bangunan, serta pengendalian polusi kebisingan/suara. Dan juga pengelolaan penyimpanan bahan kimia dan bahan berbahaya, kerjasama dengan komunitas dan organisasi lokal serta pengembangan kapasitas sumber daya manusia.
     "Kami merasa amat istimewa dan senang atas penghargaan ini. Ini sebagai bukti bahwa program yang sudah kami jalankan sudah berwawasan lingkungan serta keperdulian kami telah menanamkan kelestarian dalam kegiatan operasional sehari-hari di hotel kami," ujar Erik Tumbelaka selaku General Manager Kila Senggigi Beach Lombok.
     Lebih lanjut, Erik menerangkan implementasi Program Green di Hotel Kila adalah Sertifikasi K3, memiliki satu Departemen Eco dan Safety di lingkungan internal yang khusus menangani pelestarian lingkungan, sebagai kontribusi kepada konsep yang berkelanjutan, lalu di antaranya koleksi sampah secara selektif, pengolahan limbah minyak, menggunakan sumber cahaya hemat energi, pengelolaan konsumsi air.
     Pihaknya juga menggunakan bahan-bahan yang segar dan dari pemasok lokal.
     Dengan penghargaan tersebut, Kila Senggigi Beach Lombok mengukuhkan dirinya dalam jajaran hotel berkualitas tinggi yang peduli dalam upaya pelestarian alam dan budaya alam sekitar.
     "Kami berharap implementasi program penataan dan pengembangan kelestarian lingkungan yang telah dilaksanakan di Kila Senggigi dapat mengispirasi semua hotel di Pulau Lombok, khususnya untuk melaksanakan Program Green Hotel yang akhirnya dapat meningkatkan daya jual destinasi di NTB pada umumnya," kata Erik.
     Kila Senggigi Beach Hotel adalah salah satu hotel kategori midscale product brand yang dimiliki oleh PT. Aerowisata di pulau Lombok, yang berkomitmen memberikan pengalaman menginap serta layanan, yang berbasis pada keramahan Indonesia yang sejati (Authentic Indonesian Hospitality). Berdiri tahun 1987 dan pada 2014 melaksanakan rebranding menjadi Killa Senggigi Beach.
     Kila yang berarti Kilau, memiliki Logo berbentuk sayap burung merak dengan cahaya berkilau memaknai keindahan dan keramahtamahan yang senantiasa terpancar dari hati.
     Interior hotel adalah desain tropis minimalis dan detail ornamen khas suku Sasak. Kehangatan dan keramahtamahan hotel juga tercermin dari interior lobi yang terbuka bernuansa oranye dan terakota merupakan salah satu dari Lima elemen dalam sayap memaknai keunikan hospitaliti Indonesia yang sensasinya ditawarkan melalui ke lima indera.
     Terletak di semenanjung pantai Senggigi Pulau Lombok, diatas lahan seluas 12.5 hektar, letaknya sangat strategis tepat di tanjungan pantai Senggigi membuat Hotel ini dikelilingi pantai berpasir putih dengan pemandangan langsung gunung Agung, Bali yang nampak dari kejauhan merupakan keistimewaan dari Kila Senggigi Beach Hotel.
     Fasilitas yang dimiliki oleh Kila Senggigi adalah memiliki 166 kamar, yang terdiri dari 64 Garden room, 40 Seaview room, 22 Garden bungalow, 22 Seaview bungalow, 2 Deluxe bungalow dan 16 Pool Villa Club, disamping beragam fasilitas yang merupakan tambahan keistimewaan dari Kila Senggigi Beach Hotel yaitu pantai pribadi sepanjang 500 meter, di mana terdapat Basilico Italian Pavilion Restaurant and Bar.
     Kila Senggigi Beach memiliki taman luas dengan aneka pepohonan yang hijau, Rinjani Restaurant, kolam renang, anjungan olah raga air, ruang meeting Mayura dan Berugak, aneka toko souvenir, travel agent serta Purnama Spa melengkapi alasan mengapa Kila Senggigi Beach adalah pilihan yang tepat untuk menjadi tempat menginap untuk berlibur ke pulau indah nan eksotik ini. (*)