NTB Integrasikan Forum Kerja Sama Daerah dengan Misi Investasi

id FKD NTB

.

"Desain semacam ini baru pertama kali dilakukan sejak forum tersebut digelar di Indonesia"
Mataram (Antara NTB) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengintegrasikan Rapat Kerja Gubernur Forum Kerja Sama Daerah Mitra Praja Utama XVII 2017 dengan misi investasi untuk menggaet para investor.

"Forum Kerja Sama Daerah (FKD) diintegrasikan dengan NTB Forum Investment. Desain semacam ini baru pertama kali dilakukan sejak forum tersebut digelar di Indonesia," kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) NTB H Lalu Gita Aryadi, di Mataram.

Rapat Kerja Gubernur Forum Kerja Sama Daerah Mitra Praja Utama XVII 2017 digelar di Kota Mataram mulai 18-20 Oktober 2017, namun dibuka secara resmi pada Kamis (19/10).

Gita mengatakan sebanyak sepuluh gubernur diundang untuk menghadiri pertemuan, yakni Gubernur DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, Bali, NTB, dan NTT.

Ada mitra strategis dari perguruan tinggi seperti Institute Pertanian Bogor (IPB), serta 200 investor dan calon investor, yang terdiri atas 175 investor penanaman modal dalam negeri dan 25 penanaman modal asing.

"Para gubernur dan mitra strategis akan menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi," ujarnya.

Ia menyebutkan sebanyak sepuluh pemerintah kabupaten/kota di NTB, diberikan ruang untuk menampilkan berbagai potensi dan peluang investasi di daerahnya masing-masing melalui forum pertemuan antardaerah tersebut.

Selain itu, menampilkan berbagai profil kemudahan dalam mengurus proses perizinan kepada para calon investor.

DPMPTSP NTB selaku panitia penyelenggara juga memberikan ruang untuk pemerintah kabupaten/kota di NTB, mengadakan "one on one" atau pertemuan khusus dengan mitra strategis terkait dengan peluang investasi.

"Kami juga memberi kesempatan mitra strategis mengikuti pemaparan tentang potensi investasi di daerah," ucapnya.

Rapat Kerja Gubernur Forum Kerja Sama Daerah Mitra Praja Utama XVII 2017 juga diramaikan dengan pameran investasi yang diikuti sepuluh kabupaten/kota dan para calon investor, salah satunya dari Korea Selatan.

Pada kesempatan itu, Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi juga menandatangani MoU dengan para gubernur yang diundang dalam hal kerja sama di bidang ekonomi, kesehatan dan pendidikan.

Selain itu, dengan mitra staregis, seperti IPB terkait kerja sama di bidang pengembangan peternakan, dan dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI), tentang Program Kartu Tani. (*)

Editor: Awaludin
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar