Bank Indonesia Bangun "Pojok BI" di Pesantren

id BI NTB

.

"Penyediaan `BI Corner` tersebut sebagai kontribusi nyata Bank Indonesia dalam mendorong perekonomian daerah dan meningkatkan kualitas pendidikan di NTB"
Lombok Barat (Antara NTB) - Bank Indonesia menyediakan "Pojok BI" (BI Corner) di lingkungan Pondok Pesantren Selaparang Kediri, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, sebagai fasilitas bagi para santri untuk menambah wawasan tentang ilmu ekonomi dan fungsi bank sentral.

"Penyediaan `BI Corner` tersebut sebagai kontribusi nyata Bank Indonesia dalam mendorong perekonomian daerah dan meningkatkan kualitas pendidikan di NTB," kata Deputi Direktur Departemen Komunikasi BI Iwan Setiawan, pada peresmian "BI Corner" di Pondok Pesantren Selaparang Kediri, Kabupaten Lombok Barat, Selasa.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Anggota Komisi XI DPR RI H Willgo Zainar, Asisten 1 Kabupaten Lombok Barat H Halawi Mustafa, dan Kepala Perwakilan BI NTB Prijono.

Iwan mengatakan "BI Corner" merupakan bentuk bantuan sosial untuk mendorong peningkatan kualitas pendidikan, minat baca, serta pemahaman mengenai peran dan tugas Bank Indonesia sebagai bank sentral.

"Pemahaman masyarakat terhadap peran dan tugas Bank Indonesia menjadi sangat penting guna mendukung kelancaran transmisi kebijakan yang dilakukan," ujarnya.

Hingga tahun 2017, Kantor Perwakilan Bank Indonesia NTB telah membangun sembilan "BI Corner" yang tersebar di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa.

Selain di Pondok Pesantren Selaparang Kediri, "BI Corner" telah dibangun di Universitas Mataram (Unram), Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram, dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah NTB, di Kota Mataram.

Ada juga di Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) Kabupaten Sumbawa, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) di Kota Bima, Universitas Hamzanwadi, di Kabupaten Lombok Timur, Universitas Muhammadiyah Mataram, dan SMA Negeri 1 Sumbawa.

Sarana membaca tersebut didukung dengan desain dan fasilitas yang memadai, serta koleksi pustaka yang berkualitas,

"Kami berharap keberadaan `BI Corner" tersebut dapat menjadi perpanjangan tangan Bank Indonesia untuk mendekatkan sumber informasi yang dimiliki kepada masyarakat," kata Iwan.

Sementara itu, Anggota Komisi XI DPR RI H Willgo Zainar, mengatakan peran Bank Indonesia yang luas mencakup kebijakan moneter, sistem pembayaran, dan stabilitas sistem keuangan, perlu dipahami masyarakat secara baik.

Politisi Partai Gerindra daerah pemilihan NTB ini berharap agar fasilitas membaca yang diberikan oleh Bank Indonesia dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin, guna memperluas ilmu dan wawasan.

"Pembangunan `BI Corner` yang merupakan bagian dari Program Sosial Bank Indonesia (PSBI), harapannya dapat ditingkatkan dan diperluas kedepannya, agar lebih banyak masyarakat yang memperoleh manfaatnya," ucap Willgo.

Pimpinan Pondok Pesanren Selaparang Kediri TGH Lalu Patimura Farhan, juga menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada Bank Indonesia, atas perhatian yang diberikan dalam bentuk pembangunan sarana membaca.

Pihaknya berkomitmen akan merawat dan memanfaatkan "BI Corner" tersebut dengan sebaik-baiknya, dan berharap kerja sama dengan Bank Indonesia terus terjalin baik. (*)

Editor: Awaludin
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar