Bandara Lombok Tambah Rute Baru ke Banjarmasin

id bandara lombok,lion air,lombok banjarmasin,LIA

Bandara Lombok Tambah Rute Baru ke Banjarmasin

General Manager Lombok Internasional Airport (LIA) I Gusti Ngurah Ardita saat menyambut kru dan pilot pesawat Lion Air rute Banjarmasin - Lombok, Rabu (21/2). (Foto, Antaranews/Ist).

Saya berharap dengan adanya rute menuju Banjarmasin dapat meningkatkan jumlah wisatawan di Pulau Lombok serta memudahkan konektivitas yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masing-masing daerah
Praya (Antaranews.NTB) - Lombok International Airport (LIA) membuka rute baru menuju Banjarmasin, Kalimantan Selatan, bersama maskapai Lion Air.

"Sebelumnya Lombok International Airport (LIA) telah membuka rute Kuala Lumpur menuju Lombok pada tanggal 22 Januari 2018 dan menuju Bima pada tanggal 7 Februari 2018," kata General Manager LIA I Gusti Ngurah Ardita di Praya, Lombok Tengah, Rabu.

Untuk penerbangan perdana Rabu (21/2), Lion Air menggunakan Boeing 737-900 ER dengan kapasitas 214 penumpang. Lion Air dengan nomor penerbangan JT 835 dari Banjarmasin tiba di Lombok pada pukul 19.16 Wita dan diberangkatkan kembali pada pukul 19.37 Wita.

Pelepasan penumpang pertama dari Lombok menuju Banjarmasin menggunakan Lion Air ini dihadiri oleh General Manager LIA dan Station Manager Lion Air Iman Santoso W.

"Saya berharap dengan adanya rute menuju Banjarmasin dapat meningkatkan jumlah wisatawan di Pulau Lombok serta memudahkan konektivitas yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masing-masing daerah," jelas Ardita.

Humas LIA Putri Muslimah menuturkan saat ini LIA sudah melayani rute ke 11 wilayah domestik, yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Bali, Sumbawa, Bima, Benete, Makassar, dan Banjarmasin. Sedangkan untuk penerbangan internasional saat ini masing dua rute, yaitu Kuala Lumpur dan Singapura.

Untuk mengantisipasi perkembangan ke depan, LIA telah mempersiapkan beberapa program investasi untuk meningkatkan pelayan serta infrastuktur alat produksi seperti pembangunan selasar dropzone, penambahan apron, penambahan taxiway, dan perluasan terminal.

Selain itu, segera akan dibuka ruang tunggu lantai tiga pada akhir Februari ini. Hal ini merupakan program transisi untuk mengantisipasi peningkatan penumpang pada tahun 2018.

"Pada tahun 2017, jumlah penumpang meningkat 5 persen dari tahun 2016 menjadi 3.589.812 penumpang," tandas Ardita. (*)