Bupati Lombok Barat mendatangi semua calon peserta pilkada

id Lombok Barat Pilkada Damai

Semua kandidat adalah orang tua kita semua. Mereka terdepan dalam memberikan rasa aman dalam pilkada
Lombok Barat (Antaranews NTB) - Pejabat Sementara Bupati Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, H Lalu Saswadi bersilaturahim sekaligus menyampaikan pesan pemilihan kepala daerah yang damai kepada seluruh pasangan calon.

Saswadi mendatangi tiga pasangan calon peserta Pilkada Kabupaten Lombok Barat bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kabupaten Lombok Barat.

Ikut mendampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Barat H Mohammad Taufik, dan beberapa kepala dinas serta pejabat eselon III lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Barat.

Saswadi mengatakan silaturahmi ke seluruh pasangan calon sebagai bentuk perhatian khusus dalam menjalankan tugas sebagai penjabat sementara bupati.

"Saya diberikan wewenang tidak hanya memfasilitasi pilkada gubernur/ wakil gubernur dan bupati/wakil bupati, namun juga mewujudkan pilkada damai dan menjamin netralitas seluruh aparatur sipil negara di daerah," katanya.

Saswadi bersama rombongan mengawali silaturahmi di kediaman Bupati Lombok Barat nonaktif (petahana) H Fauzan Khalid. Kemudian berlanjut di kediaman H M Izzul Islam, dan berakhir di kediaman Nauvar Furqoni Farinduan.

Dalam kesempatan itu, Saswadi mengungkapkan harapannya agar semua pasangan calon bisa mengendalikan simpatisannya demi menjaga kondusifitas daerah selama tahapan hingga pilkada serentak berlangsung pada 27 Juni 2018.

"Semua kandidat adalah orang tua kita semua. Mereka terdepan dalam memberikan rasa aman dalam pilkada," ujarnya.

Sementara itu, Calon Bupati H Fauzan Khalid mengapresiasi silaturrahmi tersebut. Menurut dia, kunjungan Pjs Bupati Lombok Barat akan mengurangi tensi politik, termasuk posisi dirinya sebagai "incumbent".

"Dengan adanya kunjungan ini, mudah-mudahan bisa menepis berbagai macam anggapan terhadap Forkopimda dan ASN, terkait sikap mereka terhadap pelaksanaan pilkada," ujarnya menjawab tudingan yang mempersoalkan netralitas ASN dan Forkompimda.

Hal senada juga diucapkan H M Izzul Islam. Calon bupati ini juga mengaku bangga dengan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat yang sudah menunjukkan perhatian serius terhadap stabilitas keamanan.

"Mari kita jadikan pilkada sebagai contoh dan ajang silaturahmi. Jangan sampai ada terjadi benturan di tengah masyarakat. Sebagai calon, saya harap calon yang lain juga jangan sampai melakukan intimidasi atau hal-hal yang bisa memecah belah dan mengadu domba masyarakat," ujar mantan Pelaksana Tugas Bupati Lombok Barat era H Iskandar (alm).

Sementara itu, Calon Bupati Lombok Barat Nauvar Furqoni Farinduan, menyatakan agar momentum silaturahmi tidak hanya sekedar bersifat seremonial.

"Harapan kami, khususnya kepada pihak yang berwajib, bantu kami untuk menyelenggarakan konteks-konteks pilkada yang terbuka dan kondusif," katanya sambil mengungkapkan kondisi di lapangan.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Lombok Barat AKBP Hery Siswanto, mengatakan pihaknya bersama jajaran Polres Mataram dan Kodim 1606 Lombok Barat, sudah melakukan pemetaan potensi konflik dan mendorong masyarakat berperan serta dalam mewujudkan pilkada damai. (*)
Pewarta :
Editor: Awaludin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar