BI perkenalkan Pahlawan rupiah kepada pelajar pelosok

id Pahlawan rupiah,Bi mengajar,Pulau moyo,Daerah 3t

Petugas KPw Bank Indonesia NTB memberikan pemahaman tentang mata uang rupiah kepada para pelajar di SDN 1 Moyo, Sumbawa Besar, NTB, Selasa (10/4). (Foto Antaranews NTB/Sadim)

Jadi selain mengenalkan para pahlawan yang ada di rupiah, mereka juga diajarkan untuk mencintai uang rupiah
Sumbawa, (Antaranews NTB) - Petugas Kantor Perwakilan Bank Indonesia Nusa Tenggara Barat yang tergabung dalam Tim Ekspedisi Layanan Sosial dan Penukaran Uang Rupiah (Laskar Nusa) memperkenalkan sosok para pahlawan nasional yang ada di setiap nilai mata uang rupiah.

Ketua Tim Ekspedisi Laskar Nusa Ocky Ganesia di KRI Hiu-634, Pelabuhan Badas, Sumbawa, Selasa, mengatakan perkenalan sosok pahlawan yang tertera di mata uang rupiah itu dijelaskan melalui metode permainan beredukasi kepada para pelajar di SDN 1 Moyo.

"Kita berikan mereka permainan menyusun `puzzle` replika dari uang kertas seratus ribu rupiah. Dengan menyusunnya, mereka menyadari bahwa gambar uang rupiah pecahan seratus ribu adalah sosok proklamator kita, yaitu Soekarno-Hatta," kata Ocky Ganesia.

Selain memberikan edukasi yang bernuansa permainan, tim pengajar dari petugas Kantor Perwakilan Bank Indonesia NTB bekerja sama dengan sejumlah utusan mahasiswa dari perguruan tinggi di Kota Mataram, juga memberikan pelajaran mewarnai gambar uang kertas.

"Dengan kegiatan ini (mewarnai gambar uang kertas), mereka bisa lebih mengenal sosok para pahlawan nasional yang ada di uang rupiah," ujarnya.

Termasuk memberikan edukasi tentang bagaimana mengenal uang asli dan cara merawatnya dengan baik.

"Jadi selain mengenalkan para pahlawan yang ada di rupiah, mereka juga diajarkan untuk mencintai uang rupiah," ucapnya.

Begitu juga dengan memperkenalkan peran Bank Indonesia terhadap peredaran mata uang rupiah yang sudah menjadi salah satu simbol dari kedaulatan NKRI.

Dalam kegiatan belajar mengajar di Pulau Moyo, Tim Ekspedisi Laskar Nusa turut memberikan bantuan berupa buku cerita yang membahas soal mata uang rupiah maupun sejumlah peralatan olah raga. Bantuan sosial itu disalurkan kepada empat sekolah yang ada di Pulau Moyo.

Dengan adanya kegiatan ini, Kepala SDN 1 Moyo Syamsudin mengucapkan terima kasih kepada Tim Ekspedisi Laskar Nusa yang telah memberikan edukasi dan wawasan yang lebih luas kepada para pelajar.

Ke depan diharapkan kegiatan ini dapat terus berlanjut dan tentunya kepada pemerintah juga turut diharapkan agar mampu membuat kegiatan seperti yang dilaksanakan Bank Indonesia, terutama memperhatikan soal pendidikan yang ada di Pulau Moyo.

"Terima kasih kepada Tim Ekspedisi Laskar Nusa, semoga kegiatan semacam ini dapat berlanjut di tahun berikutnya. Kepada pemerintah, harapannya bisa mengadakan kegiatan semacam ini dan memperhatikan keberlangsungan masa depan dari anak-anak Pulau Moyo," kata Syamsudin.(*)
Pewarta :
Editor: Dimas
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar