KPU NTB Mulai Distribusikan Surat Suara

id Pilkada NTB 2018,KPU NTB,Surat Suara

KPU NTB Mulai Distribusikan Surat Suara

Ilustrasi Distribusi Surat Suara.

Surat suara sudah dikirim langsung ke KPU kabupaten/kota
Mataram (Antaranews NTB) - Komisi Pemilihan Umum Nusa Tenggara Barat mulai mendistribusikan surat suara untuk kelengkapan pemilihan kepala daerah provinsi ini tahun 2018.

"Surat suara sudah dikirim langsung ke KPU kabupaten/kota," kata Komisioner KPU NTB Bidang Logistik Hesty Rahayu di Mataram, Jumat.

Pendistribusian surat suara ini, mulai dilakukan hari ini (Jumat). Pendistribusian diawali dimulai dari Kota Mataram, Kabupaten Lombok Utara (KLU), dan Kota Bima.

"Pengiriman logistik Pilkada dengan pengawalan dari Polda NTB sejak dimulain jasa percetakan," ujarnya.

Untuk proses pendistribusiannya, kata Hesty, dilakukan secara bertahap. Artinya, tidak sekaligus.

"Sebenarnya kita sudah lakukan meping yang kita dahulukan itu Pulau Sumbawa, tapi ternyata yang lebihbdulu distribusikan KLU, Mataram, Kota Bima," terang Hesty Rahayu.

Hesty merincikan untuk Kabupaten Lombok Utara (KLU) jumlah surat suara sebanyak 163.101 lembar, Kota Mataram 277.673 lembar, dan Kota Bima 104.074 lembar.

Sementara total kebutuhan surat suara untuk kebutuhan Pilgub NTB 2018 sebanyak 3,545,106 pemilih, terdiri dari 1.742.829 pemilih laki-Laki dan 1.802.277 pemilih perempuan yang tersebar di 116 Kecamatan, 1.137 Desa/Kelurahan dan 8.336 TPS. Sementara untuk tambahan sesuai dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) ditambah 2,5 persen di setiap tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Jadi tinggal tujuh kabupaten yang belum didistribusikan surat suaranya," ucapnya.

Sedangkan untuk kebutuhan logistik lainya untuk kelengkapan TPS seperti karet gelang, spidol, lem, dan yang lainya sudah didistribusikan ke seluruh kabupaten/kota.

"Tinggal kita fokuskan ke surat suara saja, karena surat suara kan perlu pengolahan lanjutan seperti pelipatan," tandas Hesty Rahayu. (*)