Pemprov kirim bantuan untuk korban banjir dompu

id Banjir Dompu

Pemprov kirim bantuan untuk korban banjir dompu

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyalurkan bantuan tanggap darurat untuk para korban bencana banjir di Kabupaten Bima, Dompu, dan Kota Bima. (Banjir di Desa Leu, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima)

Mataram (Antaranews NTB) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat mengirim bantuan logistik untuk warga Kecamatan Kempo, Kabupaten Dompu yang dilanda banjir bandang pada Jumat, pukul 15.25 Wita.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD NTB Agung Pramuja di Mataram, Jumat malam, menyebutkan bantuan logistik yang dikirim, berupa lauk pauk 18 kardus, makanan siap saji 25 kardus, mi instan 40 kardus, dan air mineral 40 kardus.

Selain itu, tenda gulung/terpal 50 lembar, selimut 200 lembar, tikar/matras 200 lembar, jas hujan anak 144 lembar, jas hujan dewasa 72 lembar, dan sepatu boot 10 pasang.

"Seluruh bantuan logistik tahap pertama yang diangkut menggunakan satu unit mobil bak terbuka sudah diberangkatkan dari Mataram menuju Kabupaten Dompu malam ini," katanya.

Pihaknya terus memantau situasi di Kecamatan Kempo yang dilanda banjir dan berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Dompu untuk penyaluran bantuan tahap berikutnya.

Desa Tolokalo dan Songgajah, Kecamatan Kempo, Kabupaten Dompu, dilanda banjir bandang setinggi 1,5 meter akibat hujan deras yang melanda wilayah tersebut pada Jumat, pukul 14.20 Wita.

Sebanyak 300 rumah warga yang terendam di Desa Tolokalo tersebar di Dusun Kesi dan Dusun Kresna, sedangkan rumah yang terendam di Desa Songgajah tersebar di Dusun 3 dan Dusun 4.

Banjir juga merendam satu SMP dan kantor desa setempat, serta satu tempat ibadah di Desa Tolokalo.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Dompu Imran M Hasan memastikan tidak ada korban jiwa akibat bencana alam tersebut.

Tim Reaksi Cepat BPBD Kabupaten Dompu sudah melakukan upaya kaji cepat untuk menyusun langkah langkah penanganan.

"Kami juga sudah menyalurkan bantuan makanan siap saji ke lokasi banjir," katanya.