Pemakaman kuno ditemukan kembali di Lombok Tengah

id Pemakaman kuno

Motif 12 makam kuno yang ditemukan di Dusun Selawat, Desa Teratak, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Mataram (Antaranews NTB) - Sebanyak 12 makam kuno ditemukan kembali di Dusun Selawat, Desa Teratak, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.
    
Warga selama ini hanya tahu ke-12 makam yang berada di tempat pemakaman umum Dusun Selawat dengan dikelilingi batu-batu alam, sebagai pembatas hingga terkesan keberadaannya sebagai makam eksklusif.  
    
"Kami hanya tahu, kelompok makam itu dikenal dengan sebutan  makam keris," kata Muliadi, salah seorang warga, Jumat.
     
Makam eksklusif yang berada di tengah  persawahan warga itu memiliki bentuk nisan beragam. Hampir semua nisan terkubur sebagian sehingga detail desainnya tidak terlihat utuh.

Dari desain yang terlihat, ada nisan dengan ornamen bunga teratai dan ornamen lainnya. Di sisi lainya, terlihat kaligrafi bertuliskan la Ilaha illallah
.
Menurut penuturan orang-orang tua, penyebutan makam keris didasarkan pada bentuk pahatan yang ada di batu nisan.  
     
"Rata-rata pada nisan pipih terdapat ornamen seperti keris lurus dan mirip gagang keris pada pangkal ornamen," katanya.   
    
Sebelumnya, Sampai sekarang temuan sejarah kompleks pemakaman kuno di atas bukit Desa Peresak kecamatan batukliang, kabupaten Lombok Tengah, belum terungkap juga.   
    
Zaenal abidin warga  Peresak di Mataram, Selasa, mengaku dirinya pernah menanyakan perihal kompleks makam di bukit ini tetapi orang tua yang ditanya malah heran.
    
Pasalnya dari kakek buyutnya diapun tidak mendapat cerita siapa yang dimakamkan di komplek pemakaman tersebut. "Kakek buyut saya saja tidak tahu siapa yang dimakamkan disitu apalagi saya. Makam  sudah ada. Tahunya cuma kubur makam," jelasnya.
    
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar