Dua ribuan atlet ikuti Porprov NTB

id porprov NTB,atlet ikut,Johri pelari,asian games

Dua ribuan atlet ikuti Porprov NTB

Ketua Umum KONI NTB Andy Hadianto didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga NTB Hj Husnandiaty Nurdin beserta jajaran pengurus KONI NTB. (Foto Antara/Iman).

Beberapa atlet yang pernah mengharumkan nama Indonesia bakal turun di Porprov 2018. Dengan hadirnya beberapa atlet profesional itu membuat euforia Porprov serasa event Asian Games
Mataram (Antaranews NTB) - Sebanyak 2.828 atlet mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) X Nusa Tenggara Barat yang diselenggarakan 9-17 Desember 2018 di Kota Mataram.

Ketua KONI NTB Andy Hadianto di Mataram, mengatakan pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2018 bakal tampil berbeda. Tahun ini dikemas dengan konsep "sport tourism" dengan upacara pembukaan dihelat di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kuta Mandalika. Tak hanya itu, beberapa pertandingan cabang olahraga akan dilakukan di Mall. Seperti Taekwondo, Billiard, dan Kempo.

"Beberapa atlet yang pernah mengharumkan nama Indonesia bakal turun di Porprov 2018. Dengan hadirnya beberapa atlet profesional itu membuat euforia Porprov serasa event Asian Games," ujarnya.

Ia menyebutkan, penyelenggaraan Porprov ini akan diikuti 2.828 atlet yang berasal dari 10 kabupaten/kota di NTB. Sedangkan, total nomor yang dipertandingkan sebanyak 351 nomor dari 28 cabang olahraga yang akan di perlombakan. Sementara, jumlah ofisial sebanyak 856 orang. Wasit/juri 394 orang. Sehingga total 4.072 orang yang terlibat langsung di Porprov NTB itu.

"Mereka akan memperebutkan 348 medali emas, 348 medali perak, dan 471 medali perunggu," terangnya.

Andy, menyatakan tujuan pelaksanaan Porprov tidak terlepas dari pembinaan prestasi. Dia yakin, di Porprov nanti bakal muncul bibit atlet potensial bagi NTB.

"Sebelumnya, dari Porprov muncul Iswandi yang dengan bakat alamnya bisa langsung ke pelatnas," bebernya.

Untuk itu, sudah saatnya pelaksanaan olahraga itu dikemas lebih menarik. Hal ini untuk memberikan kesan positif sebagai langkah untuk memasyarakatkan olahraga di NTB.

"Tiap penyelenggaraan event harus di manajemen dengan baik supaya penonton lebih nyaman dan tertarik," ucapnya.

Menurutnya, momen pelaksanaan Porprov tahun ini cukup kompleks. Pelaksanaannya sebagai rangkaian HUT NTB yang berlangsung 17 Desember. Selain itu, Porprov juga sebagai ajang untuk membangkitkan semangat masyarakat pascagempa.

"Melalui pelaksanaan Porprov diharapkan perekonomian masyarakat semakin hidup dan kita ingin buktikan melalui Porprov kalau NTB aman dikunjungi," katanya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga NTB Hj Husnandiaty Nurdin, mengatakan pegelaran Porprov tidak hanya bertanding meraih prestasi tetapi memberikan multiplier effect bagi perekonomian masyarakat. Terlebih NTB baru saja ditimpa musibah bencana gempa bumi.

Mantan Kadis Kehutanan ini juga menekankan profesionalitas wasit dan juri untuk memberikan tontotan yang berkualitas sehingga bisa dinikmati oleh masyarakat sebagai tontonan yang mendidik.

"Porprov ini ajang pesta, makanya kita berharap ada kemeriahan. Untuk itu wasit atau juri dan panitia bekerja baik dan betul-betul apa adanya," tegasnya.

Selain itu, Husnandiaty juga menyatakan Porprov ini sebagai ajang silaturahmi para Ketua Cabang olahraga. Tercatat sejumlah kepala daerah menjadi ketua cabor, kehadiran para ketua cabor yang juga kepala daerah akan memberikan motivasi tersendiri bagi atlet.?Termasuk, kegiatan ini sebagai ajang evaluasi Cabor agar kedepannya bisa lebih banyak Cabor yang bisa di pertandingakan.

"Ada sekitar 36 atau 63 saya lupa cabang yang tidak bisa dipertandingkan, ini sangat penting kedepannya semakin banyak cabang olahraga yang harus bisa dipertandingkan," tandas Husnandiaty Nurdin.