PLN Nusra lepasliarkan penyu di Pantai Mapak Mataram

id PLN Nusra,penyu dilepasliarkan,pelepliaran

PLN Nusra lepasliarkan penyu di Pantai Mapak Mataram

Pelepasliaran sebanyak 20 ekor tukik (anak penyu) di pantai Mapak, Kota Mataram, NTB. (Foto Antaranews NTB/ist)

Kami (PLN-red) akan selalu berkontribusi aktif dalam kegiatan penggiat lingkungan
Mataram (Antaranews NTB) - PT Perusahaan Listrik Negara Unit Induk Nusa Tenggara (Nusra) bersama para siswa SMP Negeri 17 Mataram dan beberapa instansi pemerintah melepasliarkan 20 ekor penyu lekang ke perairan pantai Mapak, Kota Mataram, Senin.

"Pelepasliaran puluhan ekor tukik tersebut sebagai bentuk kepedulian PLN terhadap upaya pelestarian penyu yang termasuk biota laut terancam punah," kata Pelaksana Tugas Pejabat Pengendali K3, Keamanan, dan Lingkungan PT PLN (Persero) Unit Induk Nusra, Bobby Robson Sitorus.

Kegiatan yang digelar dekat lokasi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap Lombok Peaker tersebut diinisiasi oleh PLN Unit Induk Nusra tersebut juga diikuti perwakilan Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar Wilayah Kerja NTB, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan NTB, perwakilan Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Mataram, Camat Sekarbela, dan Lurah Jempong Baru.

Pelepasliaran tukik juga didahului aksi pungut sampah yang bertebaran di sepanjang pinggir pantai. Hal itu dilakukan sebagai upaya menjaga kawasan pantai Mapak sebagai tempat bertelurnya penyu.

"Kami juga mengedukasi para siswa dan masyarakat terkait sampah karena itu bisa membahayakan kelestarian habitat penyu .

Bobby mengatakan pihaknya juga memberikan bantuan dana sebesar Rp10 juta kepada kelompok masyarakat peduli kelestarian penyu yang dipimpin H Awan, untuk pengembangan pantai Mapak agar menjadi destinasi wisata yang dikenal luas.

"Kami juga berencana melakukan penghijauan di kawasan pantai Mapak. Tentunya tetap berkoordinasi dengan pemerintah daerah, Balai Konservasi Sumber Daya Alam NTB, dan BPSPL Denpasar," katanya.

Pada 15-18 November 2018, PLN Unit Induk Nusra juga melakukan pelatihan daur ulang sampah kertas bersama warga sekitar proyek.

"Kami (PLN-red) akan selalu berkontribusi aktif dalam kegiatan penggiat lingkungan. Harapan kami setelah inisiasi hari ini, kita bersama-sama berkontribusi dalam menghadapi isu pelestarian lingkungan hidup," kata Bobby.

Camat Sekarbela, Cahya Samudra, mengapresiasi kepedulian PLN Unit Induk Nusra yang telah menunjukkan kepeduliannya terhadap upaya pelestarian habitat penyu di wilayah perairan pantai Mapak, Kota Mataram.

"Penyu merupakan salah satu satwa dilindungi undang-undang. Dan upaya pelestarian di pantai Mapak merupakan hal yang baru menarik di saat orang berpikir tentang ekonomi, masih ada ruang berpikir tentang konservasi," katanya.

Dalam kesempatan itu, para siswa-siswi SMPN 17 Mataram yang melakukan bersih-bersih pantai dan pelepasan tukik diberikan hadiah menarik oleh PLN Unit Induk Nusra setelah berhasil menjawab berbagai pertanyaan.