Liga Champions - Tottenham dampingi Barcelona ke 16 besar

id Liga Champions,Tottenham Hotspur,FC Barcelona,Inter Milan,16 besar

Liga Champions - Tottenham dampingi Barcelona ke 16 besar

Pemain Tottenham Hotspur, Son Heung-min. (twitter.com/premierleague)

Jakarta (Antaranews NTB) - Tottenham Hotspur berhasil ke babak 16 besar Liga Champions setelah bermain imbang 1-1 dalam pertandingan Grup B di Stadion Nou Camp, Barcelona, Spanyol Rabu pagi WIB.

Hasil tersebut membuat Tottenham tetap berada di peringkat kedua klasemen akhir Grup B, meski koleksi sembilan poin mereka setara Inter Milan, namun unggul berkat agregat gol tandang, demikian catatan pertandingan di laman resmi UEFA.

Sementara Barcelona dan Tottenham melaju ke babak 16 besar Liga Champions, Inter akan melanjutkan kiprah mereka di babak 32 besar Liga Europa.

Tottenham sempat terancam turun kasta ke Liga Europa lantaran tertinggal dari Barcelona sejak gol Ousmane Dembele pada saat laga baru berjalan tujuh menit, namun Lucas Moura menjadi penyelamat lewat golnya lima menit jelang waktu normal usai.

Gol itu menjadi harga yang cukup bagi pasukan Mauricio Pochettino untuk mencetak tiket 16 besar, pasalnya di laga lain Inter juga bermain imbang 1-1 saat menjamu PSV Eindhoven.

Gol pembuka Barcelona lahir saat Dembele melakukan aksi individual melewati Kyle Walker-Peters setelah mencuri bola dari kaki bek muda Tottenham itu, sebelum menghindari tekel Harry Winks dan menaklukkan kiper Hugo Lloris.

Tottenham mencoba memperbaiki penampilan dan berpeluang menyamakan kedudukan pada menit ke-30, namun upaya Son Heung-min masih dapat digagalkan kiper Jasper Cillessen.

Barcelona terus menebar ancaman, kali ini melalui sepakan keras Philippe Coutinho yang mengenai tiang gawang menjelang turun minum.

Tim tamu memiliki dua peluang pada awal babak kedua, sayang tembakan Christian Eriksen dari tepi kotak penalti dapat diamankan Cillessen dan Harry Kane melepaskan sepakan melebar di tengah kawalan ketat Clement Lenglet.

Cillessen kembali harus menahan upaya Heung-min beberapa saat kemudian, sebelum melakukan penyelamatan terbaiknya saat menahan sundulan pemain pengganti Lucas pada menit ke-76.

Namun kiper tim Catalan itu tidak berdaya pada menit ke-85, ketika Kane mengirimkan bola ke mulut gawang dan Lucas mengonversinya dari jarak dekat pada menit ke-85, untuk mengamankan satu poin bagi Tottenham. (*)