Perbuatan China revolusi toilet patut ditiru Indonesia

id Pemerintah China,Revolusi Toilet,Sektor Pariwisata

Perbuatan China revolusi toilet patut ditiru Indonesia

Dokumen foto kamar kecil/toilet/WC umum di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali. (ANTARA News)

Beijing (Antaranews NTB) - Pemerintah China terus melakukan revolusi toilet dengan memperbaiki sekitar 21 ribu unit kamar kecil umum di tempat-tempat tujuan wisata pada tahun depan. 

Perbuatan positif yang dilakukan Pemerintah China tentu patut ditiru Pemerintah Indonesia yang sedang menggalakkan industri pariwisata nasional.

Kebijakan tersebut merupakan bagian dari program revolusi toilet umum yang sedang berlangsung sejak 2015 untuk memenuhi kebutuhan wisatawan akan kamar kecil yang modern dan bersih, demikian diumumkan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata China (MCT), Senin.

Revolusi dilakukan untuk menghilangkan kesan negatif terhadap China, yang sebelumnya terkenal dengan toilet jorok.

Sejak kebijakan itu diambil oleh pemerintahan Xi Jinping, toilet umum di daratan Tiongkok tidak lagi susah didapat, apalagi di kota-kota besar, seperti Beijing, Shanghai dan Guangzhou.

Dalam pertemuan di Provinsi Guangdong, MCT menyebutkan bahwa pada tahun ini saja terdapat 24 ribu unit kamar kecil bagi wisatawan, termasuk 15 ribu di antaranya berlokasi di daerah tertinggal di wilayah tengah dan barat China yang sudah diperbaiki.

Selama periode 2015-2017, pemerintah China telah menginvestasikan 1,64 miliar RMB atau sekitar Rp3,44 triliun untuk membangun dan memperbaiki lebih dari 70 ribu unit kamar kecil umum, demikian dilaporkan media resmi setempat dengan mengutip data MCT.

Teknologi canggih digunakan untuk memperbaiki toilet umum baru agar memenuhi standar kesehatan, hemat energi dan air, serta lebih mudah diakses.

Pada awal tahun ini, pemerintah setempat telah meluncurkan aplikasi telepon pintar yang bisa membantu para wisatawan mendapatkan WC umum di beberapa objek wisata di China, terutama objek wisata kelas 5A dan 4A.

Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan domestik, China menargetkan pembangunan dan perbaikan 64 ribu WC umum di objek-objek wisata selama periode 2018-2020.  (*)
Pewarta :
Editor: Awaludin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar