Polres Mataram berikan pengamanan perayaan Natal 2018

id Mataram,Pengamanan,Natal,polres

Polres Mataram berikan pengamanan perayaan Natal 2018

Kapolres Mataram AKBP Saiful Alam (kedua kanan) didampingi Kabag Ops Polres Mataram Kompol Taufik (kedua kiri) beserta sejumlah anggotanya mengecek keamanan rumah ibadah umat Kristiani di Mataram, NTB, Sabtu (22/12/2018) (Foto Antaranews NTB/Ist)

Giat pengamanannya kita laksanakan dengan sterilisasi tempat-tempat ibadah umat kristiani yang ada di wilayah hukum Polres Mataram
Mataram, (Antaranews NTB) - Kepolisian Resor Mataram, Nusa Tenggara Barat, memberikan pengamanan ibadah umat Kristiani dalam perayaan Natal 2018, yang akan berlangsung pada Selasa (25/12) depan.

Kapolres Mataram AKBP Saiful Alam di Mataram, Minggu, menjelaskan, giat pengamanan perayaan Natal 2018 bagi umat Kristiani telah dirangkai dalam satuan tugas (Satgas) kepolisian terpusat dengan sandi "Operasi Lilin 2018".

"Giat pengamanannya kita laksanakan dengan sterilisasi tempat-tempat ibadah umat kristiani yang ada di wilayah hukum Polres Mataram," kata Saiful Alam.

Pengecekan atau sterilisasi tempat ibadah umat kristiani di awal "Operasi Lilin 2018" yang dilaksanakan Sabtu (22/12), Polres Mataram dibantu oleh Tim Gegana Brimob Polda NTB.

Dalam kegiatan sterilisasi yang digelar di lima tempat ibadah umat kristiani itu, Kapolres Mataram turun bersama Dandim 1606/Lobar Letkol Czi Djoko Rahmanto dan Kabag Ops Polres Mataram Kompol Taufik.

Lima tempat ibadah umat kristiani yang di sterilisasi, antara lain Gereja Katolik Santa Maria Imaculata, Gereja Pantekosta Maranata, Gereja Bethel Rock Gosa Indonesia Mataram, Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) Immanuel Mataram, dan Gereja Santo Antonius Padua.

Dalam kegiatannya, Tim Gegana Brimob Polda NTB menyisir pekarangan dan bangunan, seperti kursi jemaat, pintu masuk, serta altar. Tim menggunakan alat detektor logam untuk melacak benda mencurigakan.

Dari hasil pengecekan tempat ibadah umat Kristiani yang ada di wilayah hukum Polres Mataram, kepolisian menyatakan kondisi telah steril dari potensi gangguan.

Selanjutnya Saiful Alam meminta masyarakat Kota Mataram agar dapat turut serta menjaga keamanan dan ketertiban demi kelancaran beribadah umat kristiani. Menurutnya, toleransi umat beragama menjadi salah satu bentuknya.

Dalam giat "Operasi Lilin 2018, Polres Mataram menyiapkan 749 personel gabungan. Ratusan personel dari berbagai stakeholder pengamanan ini disiapkan untuk mengamankan perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.