Angkasa Pura II tingkatkan infrastruktur Bandara Soekarno-Hatta

id Bandara Soekarno Hatta

Angkasa Pura II tingkatkan infrastruktur Bandara Soekarno-Hatta

Sejumlah calon penumpang beraktivitas di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa dini hari. PT Angkasa Pura II (Persero) resmi mengoperasikan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) tepat pukul 00.00 WIB pada hari Selasa (9/8/2016). (ANTARA FOTO/Lucky R./ama/16)

Mataram (Antaranews NTB) - PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II meningkatkan pembangunan infrastruktur di Bandara Soekarno-Hatta pada tahun 2019.

"Peningkatan infrastruktur bandara juga terus dilakukan seperti misalnya untuk Bandara Internasional Soekarno-Hatta yakni Pembangunan East-Cross Taxiway yang rencananya akan dioperasikan pada kuartal pertama 2019," ujar Presiden Director AP II Muhammad Awaluddin dalam keterangan tertulisnya, Selasa.

Dia menjelaskan bahwa Angkasa Pura II juga akan melakukan revitalisasi Terminal 1 serta Terminal 2 yang akan meningkatkan kapasitas penumpang hingga menjadi 22 juta pertahunnya.

Selain itu, pihaknya juga akan membangunan Terminal 4 yang diproyeksi mampu menambah kapasitas penumpang Bandara Internasional Soekarno-Hatta hingga 115 juta penumpang pertahunnya, kemudian berencana melakukan pembangunan runway 3 dan juga pembangunan cargo village.

Untuk semakin melengkapi sisi pengawasan terminal, maka Angkasa Pura II akan membangun pula Terminal Operation Center (TOC) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Pada tahun 2018, capaian positif ditorehkan oleh Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Bandara terbesar di Indonesia tersebut dinobatkan sebagai bandara dengan koneksi rasio penerbangan terjadwal paling banyak atau paling terkoneksi ke-2 di Asia Pasifik dan terkoneksi ke-10 di dunia mengalahkan bandara besar seperti Bandara Incheon-Korea, KLIA Malaysia dan Bandara Hongkong berdasarkan Megahubs International Index 2018-The World’s Most Internationally Connected Airports yang dikeluarkan oleh lembaga air travel intelligence asal Inggris, OAG.

Selain itu, Bandara Soekarno-Hatta juga membawa pulang penghargaan Silver Stevie Winneruntuk kategori Award for Innovation in Customer Service Management, Planning & Practice.

Bandara Soekarno-Hatta menjadi bandara di Indonesia yang mendapatkan tiga bintang dalam penilaian Skytrax pada tahun 2018. Bandara lainnya di Indonesia yang meraih penilaian tiga bintang dari Skytrax, yakni Bandara I Gusti Ngurah Rai di Bali.