Danrem perintahkan babinsa bentuk pokmas rusak ringan-sedang

id pokmas gempa,danrem 162/wb,pokmas pascagempa,pascagempa lombok,pokmas lombok

Danrem perintahkan babinsa bentuk pokmas rusak ringan-sedang

Ketua Pokmas Tibu Harapan Desa Dara Kunci Purna (40) menunjukkan kwitansi untuk pemindahbukuan rekening ke rekening aplikator dana bantuan gempa untuk tahap pertama bagi tiga belas kepala keluarga anggotanya di Dusun Pedamekan, Desa Sambelia, Lombok Timur, NTB, Kamis (18/10/2018). Presiden Jokowi mengatakan pemerintah telah menyiapkan dana sebesar Rp 960 miliar untuk masyarakat korban gempa Lombok untuk tahap pertama. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Kita perintahkan babinsa untuk segera pokmas rumah rusak ringan dan sedang, pekan ini kita mulai
Mataram, (Antaranews NTB) - Komandan Komando Resor Militer (Danrem) 162/Wira Bhakti Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani memerintahkan personel babinsa yang berada di daerah terdampak gempa segera membentuk kelompok masyarakat (pokmas) untuk rumah rusak ringan dan sedang.

"Karena jika pokmas belum terbentuk, maka dana bantuan tidak bisa dicairkan," katanya di Mataram, Jumat.

Agar perbaikan rumah korban gempa yang terverifikasi rusak ringan dan sedang segera terealisasi, Danrem memerintahkan para babinsanya mulai membentuk pokmas pada pekan ini.

"Kita perintahkan babinsa untuk segera pokmas rumah rusak ringan dan sedang, pekan ini kita mulai," ujarnya.

Jika pokmas telah terbentuk, Danrem menargetkan pertengahan atau paling lamban akhir Januari 2019, korban gempa yang rumahnya terverifikasi rusak ringan dan sedang sudah bisa mendapat dana bantuan perbaikan dari pemerintah.

"Setidaknya pertengahan atau akhir Januari 2019 ini sudah ada rumah rusak ringan dan sedang yang dikerjakan," ucapnya.

Begitu juga dengan kondisi korban yang rumahnya terverifikasi rusak berat, kalau pun masih ada daerah yang terdampak gempa belum mendapatkan realisasi dana bantuan pembangunan dari pemerintah, Danrem memerintahkan babinsanya untuk segera membantu masyarakat.

"Kita sudah perintahkan juga babinsa, kalau sudah dicek, apa kekurangannya, segera selesaikan, kalau belum ada pokmas, segera bentuk pokmas biar dana bantuan segera tersalurkan," kata Ahmad Rizal.