Harga sejumlah komoditas di Mataram masih tinggi

id harga sembako,komoditas,di mataram

Harga sejumlah komoditas di Mataram masih tinggi

Pasar Pagesangan, Mataram, Nusa Tenggara Barat

Mataram (Antaranews NTB) - Harga sejumlah komoditas di Pasar Pagesangan, Mataram, Nusa Tenggara Barat, sampai sekarang masih tinggi.

Dari pantauan Antara, Senin, sejumlah komoditas yang masih tinggi itu seperti bawang merah mencapai angka Rp32 ribu per kilogram padahal normalnya Rp20 ribu per kilogram, cabai besar Rp28 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp20 ribu per kilogram.

Kemudian, tomat saat ini mencapai angka Rp12 ribu per kilogram dari sebelumnya hanya Rp7 ribu per kilogram. Harga ayam pun tidak ketinggalan saat ini Rp40 ribu per kilogram dari normalnya Rp30 ribu per kilogram. Kenaikan mulai terasa sejak akhir 2018.

"Khususnya harga ayam potong sudah naik sejak bulan Maulid pada 2018," kata pedagang Pasar Pagesangan, Masla'ah.

Ia menduga kenaikan harga ayam potong itu akibat stok yang menipis sedangkan permintaan stabil. "Akibatnya harga melambung," katanya.

Dirinya berharap harga kebutuhan pokok itu, kembali normal agar pembeli tidak ada yang mengeluh dan pedagang tidak mengalami kerugian.

Sementara itu, salah seorang pembeli komoditas sehari-hari di Pasar Pagesangan, Yuni, menyatakan harga kebutuhan seperti tomat, bawang merah dan cabai merah, mengalami kenaikan.

"Saya kaget saja, biasanya bawa uang dari rumah cukup untuk berbelanja, tapi sesampainya di pasar harga melonjak," katanya.

Demikian pula disampaikan, Jariah, warga Kampung Pesinggahan, dirinya terpaksa mengurangi membeli kebutuhan sehari-hari.

"Saya biasanya membeli 3 kilogram bawang merah, tapi sekarang jadi satu kilogram saja," katanya.