Airasia tetapkan Lombok sebagai "airline hub"

id Airasia

Airasia tetapkan Lombok sebagai "airline hub"

Pesawat Airbus A320 milik maskapai AirAsia Indonesia. (Wikimedia Commons) (1) (1/)

Lombok Tengah (Antaranews NTB) - Direktur Utama AirAsia Indonesia, Dendy Kurniawan memastikan Lombok, Nusa Tenggara Barat, menjadi "airline hub" baik untuk domestik maupun internasional.

"Lombok akan menjadi hub kami, dan kami akan siapkan dua pesawat yang stanby di Lombok Internasional Airport (LIA)," ujarnya usai bertemu Gubernur NTB H Zulkieflimasnyah di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Kamis.

Ia menjelaskan, untuk mewujudkan Lombok sebagai hub, tahun ini AirAsia akan membuka dua rute penerbangan luar negeri baru di LIA. Dua rute itu, yakni Singapura-Lombok, dan? Perth (Australia) - Lombok. "Ini akan kami launching pada awal Maret," kata Dendy.

Menurutnya, pembukaan rute baru mancanegara ke Lombok merupakan bagian dari upaya AirAsia mempromosikan Lombok, sekaligus membantu percepatan normalisasi pariwisata NTB pascagempa.

Ia menilai dipilihnya Lombok sebagai hub, juga tidak terlepas dari kebijakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB yang "wellcome" terhadap investasi dan pengembangan ekonomi.

"Dari sisi pasar, kita tak mungkin jadikan Lombok sebagai hub kalau tidak potensial. Artinya Lombok memang potensial, selain itu Gubernur NTB juga sangat wellcome. Karena memang visi pembangunan daerah, sangat tergantung pada kepala daerahnya," ungkapnya.

Karena itu, Dendy berharap dukungan dari Pemprov NTB terutama, dalam kemudahan regulasi terkait slot penerbangan, dukungan promosi, dan fasilitas di LIA.

"Ada beberapa perizinan formal yang kami butuhkan rekomendasinya dari pak Gubernur, seperti untuk Angkasa Pura I dan Kementerian Perhubungan, terkait jadwal penerbangan," katanya.

Sementara itu, Gubernur NTB H Zulkieflimansyah, menegaskan menyambut baik dipilihnya Lombok sebagai hub penerbangan AirAsia, termasuk rencana pembukaan rute Singapura dan Australia.

Gubernur NTB itu, menyatakan bahwa dipilihnya Lombok sebagai hub peberbangan, akan membawa dampak positif bagi Provinsi NTB, karena aksesibilitas destinasi wisata akan semakin luas dan berpeluang meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke daerah itu.

"Ini ternyata lebih cepat dari yang kami perkirakan, bahwa manajemen AirAsia memastikan menetapkan Lombok menjadi hub untuk penerbangaan AirAsia ke lokasi lokasi lainnya. Kami sangat apresiasi karena menjadikan hub ini sebuah keputusan besar dan sangat serius dan bisa mengakselerasi peningkatan wisatawan bukan hanya internasional tapi juga domestik," ujar Gubernur.

Gubernur menyampaikan, selain Malaysia, penerbangan Singapura dan Australia juga segera dibuka, sedangkan domestik AirAsia akan membuka rute Lombok - Denpasar dan Lombok - Yokyakarta.

"Mudah-mudahan dengan hadirnya AirAsia dengan intensitas lebih banyak akan membuat pariwisata NTB lebih menarik dan menggeliat, sehingga kita segera pulih dari akibat bencana ini," ucap Doktor Zul sapaan akrab Gubernur NTB.

Terkait dukungan yang dibutuhkan, Doktor Zul memastikan Pemprov NTB akan mensuport AirAsia. Bahkan jika diperlukan, ia akan bersurat ke Kementerian Perhubungan,sebagai wujud keseriusan pemerintah daerah menanggapi kesempatan emas bagi kemajuan pariwisata dan kesejahteraan masyarakat.