Mobil operasional keliling digunakan untuk KTP-elektronik "Goes to School"

id mobil KTP-elektronik

Mobil operasional keliling digunakan untuk KTP-elektronik "Goes to School"

PENERAPAN E-KTP Seorang perempuan melakukan proses perekaman retina mata saat pembuatan e-KTP di Kelurahan Selaparang,Mataram, NTB, Selasa (4/10). Kota Mataram merupakan salah satu dari 197 kabupaten/kota di Indonesia yang ditunjuk Kementerian Dalam Negeri untuk menerapkan pembuatan e-KTP pada Tahun 2011.Foto:Antaramataram.com/Ahmad Subaidi

Mataram (Antaranews NTB) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, menggunakan mobil operasional keliling untuk melaksanakan perekaman kartu tanda penduduk elektronik kepada pelajar tingkat SMA/SMK melalui sekolah atau program "goes to school".

"Mobil tersebut bahkan dilengkapi alat cetak sehingga setelah merekam, pelajar bisa langsung mendapatkan KTP," kata Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Mataram Hasmin, Senin.

Lebih jauh, Hasmin mengatakan, untuk melaksanakan program perekaman KTP di sekolah-sekolah, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak sekolah masing-masing.

Tujuannya, agar waktu kegiatan perekaman KTP dapat disesuaikan sehingga tidak mengganggu proses belajar mengajar. Selain itu, siswa sudah terinformasikan dengan baik dan membawa persyaratan berupa kartu keluarga (KK).

"Syarat penerbitan KTP sudah kami sederhanakan, yakni dengan hanya membawa KK. Tidak lagi harus ada surat keterangan dari lingkungan maupun kelurahan," ujarnya.

Lebih jauh Hasmin mengatakan, program perekaman keliling ke sekolah-sekolah ini menjadi salah satu program andalan mempercepat kepemilikan KTP bagi warga di kota ini.