Wali kota usulkan RSUD Mataram masuk tim kesehatan MotoGP 2021

id RSUD Mataram

lustrasi Rumah Sakit Umum Daerah Kota Mataram (Foto Ist). (1) (1/)

Mataram (ANTARA) - Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh mengusulkan agar tim "Public Safety Center (PSC) 119 Mataram Emergency Medical Service" Rumah Sakit Umum Daerah Kota Mataram masuk dalam jaringan pelayanan kesehatan saat even MotoGP 2021.

"Sebagai warga kota, kami akan merasa bangga apabila tim MotoGP 2021 nantinya bisa memberikan kepercayaan penanganan kesehatan dari PSC 119 Mataram dalam event internasional tersebut," katanya di sela peresmian gedung kantor PSC 119 Mataram Emergency Medical Service (MEMS) RSUD Mataram di Mataram, Rabu.

Usulan tersebut disampaikan wali kota langsung kepada Menteri Kesehatan  Nila F Moeloek yang meresmikan langsung gedung PSC 119 MEMS RSUD Mataram.

Wali kota mengatakan, PSC 119 MEMS telah memiliki payung hukum berupa peraturan wali kota, yang merupakan salah satu bentuk kesungguhan pemerintah kota untuk penanganan kedaruratan di masyarakat.

Tidak hanya itu, PSC 119 MEMS memiliki gedung kantor khusus lantai dua di lingkungan RSUD Mataram yang mengelola tata kerja, prosedur, sistem lainnya, sebab pelayanan diberikan 24 jam, dengan jumlah tim sebanyak 40 orang termasuk tim dokter dan para medis.

PSC ini, lanjut wali kota, dibentuk untuk memberikan pelayanan kedaruratan terutama dengan banyaknya potensi bencana di daerah ini. Apalagi, baru-baru ini NTB dilanda gempa bumi hingga 2.000an kali.

"PCS sebuah organisasi layanan kedarutan yang tidak berdiri sendiri melainkan merupakan jaringan dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, termasuk pemadan kebakaran," ujarnya.

Dengan alasan itu, wali kota berharap tim MotoGP 2021 dapat mengakomodasi PSC 119 MEMS dalam pelayanan kesehatan selama kegiatan berlangsung.

Menanggapi usulan keterlibatan PSC 119 MEMS dalam ajang MotoGP 2021, Menteri Kesehatan memberikan dukungan secara penuh.

Dengan berbagai unggulan yang dimiliki PSC 119 MEMS dapat mempersiapkan diri sebaik-baiknya agar bisa teribat dalam even MotoGP 2021 di Mandalika.

"Apalagi, PSC 119 MEMS memiliki fasilitas transportasi udara yang menjadi daya tarik untuk bisa terlibat dalam even internasional tersebut," katanya singkat. 

 
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar