Pengungsi Suriah tinggalkan kamp pengungsian di Jordania

id pengungsi Suriah

Pengungsi Suriah tinggalkan kamp pengungsian di Jordania

Warga Suriah yang telah meninggalkan tempat tinggal mereka pulang dari kamp pengungsi di Jordania. (SANA - Suriah)

Mataram (ANTARA) - Kelompok baru orang Suriah yang meninggalkan tempat tinggal mereka pulang dari kamp pengungsi di Jordania melalui tempat penyeberangan perbatasan Nassib-Jaber.

Wartawan SANA --yang dipantau Antara di Jakarta, Kamis pagi-- di tempat penyeberangan perbatasan pada Rabu (27/3) mengatakan rombongan baru orang Suriah yang telah kehilangan tempat tinggal akibat aksi teror kembali ke rumah mereka dari kamp pengungsi di Jordania melalui tempat penyeberangan Nassib. Mereka akan diangkut bersama barang-barang milik mereka ke desa dan kota kecil asal  yang telah dibebaskan dari gerilyawan fanatik Tentara Arab Suriah.

Orang Suriah yang pulang, dengan jumlah 16.040 sejak pembukaan kembali tempat penyeberangan perbatasan pada 15 Oktober, kembali ke Suriah dengan menggunakan tiket perjalanan sementara.

Pada Rabu (20 Maret) ratusan pengungsi Suriah pulang ke Desa Al-Boweida Ash-Sharqiya di Daerah Al-Qseir di pinggir selatan Homs, setelah delapan tahun karena kini tak ada lagi perbuatan jahat gerilyawan terhadap mereka.

Sejumlah warga lokal menyampaikan kebahagiaan mereka karena bisa kembali di Desa Al-Boweida Ash-Sharqiya setelah tempat tinggal mereka dibersihkan dari pelaku teror Tentara Arab Suriah. Mereka menegaskan  akan membangun kembali rumah mereka --yang telah dihancurkan gerilyawan.