LKBN Antara beri pelatihan jurnalistik kepada Pertamina EP

id LKBN Antara,Pelatihan Terpadu,Pertamina EP,Kantor Berita Antara

Plt GM Layanan Media dan Komunikasi Perum LKBN Antara Jaka Sugiyanta (kiri) memberikan kenang-kenangan buku Kilas Balik kepada para peserta Pelatihan Jurnalistik Terpadu, yang diwakili oleh CSR Staff PT Pertamina EP Asset 2 Prabumulih Field, Erwin Hendra Putra, di Kota Malang, Selasa, (9/4/2019) (Vicki Febrianto)

Pelatihan bidang jurnalistik ini bisa menjadi modal untuk kita supaya saling sinergi antar BUMN

Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara melalui Lembaga Pendidikan Jurnalistik Antara (LPJA) memberikan pelatihan jurnalistik terpadu kepada PT Pertamina EP, sebagai salah satu bentuk sinergi antar Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Plt GM Layanan Media dan Komunikasi Perum LKBN Antara Jaka Sugiyanta mengatakan bahwa dalam memberikan pelatihan jurnalistik terpadu, LKBN Antara akan lebih banyak memberikan porsi pelatihan praktik lapangan. Hal tersebut guna memudahkan para peserta untuk bisa langsung berinteraksi dengan objek berita.

"Pelatihan bidang jurnalistik ini bisa menjadi modal untuk kita supaya saling sinergi antar BUMN. Nantinya, akan diberikan lebih banyak praktik lapangan kepada peserta," ujarnya saat membuka Pelatihan Jurnalistik Terpadu PT Pertamina EP di Malang, Selasa.

Menurutnya, praktik lapangan merupakan kunci dalam bidang jurnalistik, mengingat dalam kesehariannya, para jurnalis tersebut bertugas di lapangan dalam mencari informasi dan bahan berita. Praktik tersebut akan dilakukan untuk penerapan teori tulis dan foto.

Ia menambahkan, pelatihan terpadu untuk PT Pertamina EP tersebut akan berlangsung selama empat hari, mulai 9 hingga 12 April 2019. Dalam pelatihan tersebut akan menghadirkan fotografer senior Antara Maha Eka Swasta dan pewarta senior Gusti Nur Cahya Aryani.

"Praktik di lapangan menjadi kunci dalam bidang jurnalistik, baik untuk foto maupun tulis. Kami akan memberikan porsi praktik lebih banyak," ujar Jaka.

PT Pertamina EP merupakan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak pada bidang minyak dan gas bumi, meliputi eksplorasi dan eksploitasi. Saat ini, tingkat produksi Pertamina EP sebanyak 100.000 barrel oil per day (BOPD) untuk minyak, dan sekitar 1.016 million standard cubic feet per day (MMSCFD) untuk gas.

Wilayah kerja PT Pertamina EP meliputi luas mencapai 113.613,90 kilometer persegi, dan merupakan limpahan sebagian besar Wilayah Kuasa Pertambangan Migas PT Pertamina (Persero). Pola pengelolaan usaha wilayah kerja tersebut dioperasikan secara mandiri dan kerja sama dalam bentuk kemitraan.

Pertamina EP beroperasi hampir di seluruh wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar