Nama perwira Polda NTB dicatut untuk memeras pejabat

id catut nama

Ilustrasi (Foto Antara/Dhimas BP)

Mataram (ANTARA) - Nama Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) III Tindak Pidana Korupsi Ditreskrimsus Polda NTB AKBP Syarif Hidayat, diduga dicatut untuk memeras pejabat di sejumlah instansi pemerintahan NTB.

Syarif Hidayat kepada wartawan di Mataram, Senin, mengatakan, namanya dicatut dengan modus pelaku menghubungi pejabat instansi via ponsel dan meminta transfer uang atau dalam bentuk pembelian tiket.

"Ada oknum yang mencatut nama saya ke pejabat-pejabat instansi di NTB untuk meminta uang dengan modus beli tiket," kata Syarif.

Dengan modus tersebut, muncul korban yang dirugikan dari salag satu instansi Pemerintah Provinsi NTB. Korban yang menerima kabar dari pelaku, langsung percaya dan mengirim uang sesuai permintaan.

Korban lainnya berasal dari salah satu instansi di Kabupaten Lombok Utara. Dipastikan Syarif, pelaku juga menyasar instansi lainnya dengan modus yang sama.

Menindaklanjuti aksi kejahatan ini, Syarif mengatakan bahwa pihak kepolisian akan menelusuri dan menangkap pelakunya. Untuk sementara, hasil penyelidikan pelaku terdeteksi dari wilayah Pekanbaru.

"Dari hasil penelusuran, terdeteksi pelakunya daei Pekanbaru," ujarnya.

Lebih lanjut, Syarif mengimbau kepada para pejabat di lingkup pemerintahan NTB untuk mewaspadai modus penipuan ini. Karena tidak menutup kemungkinan pelaku masih menjalankan aksinya dan menyasar pejabat lainnya.

Jika mendapat kabar tersebut, Syarif mengharapkan agar para pejabat langsung menghubungi pihak kepolisian. Tentunya hal tersebut diharapkan untuk mempermudah proses penyelidikannya.

"Hubungi kami, klarifikasi kami dulu atau konfirmasi ke Kabid Humas, untuk meyakinkan bahwa itu bukan kami," ucapnya.
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar