Kota Mataram kondusif jelang pencoblosan

id pencoblosan,mataram,aman

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Mataram H Rudy Suryawan

Mataram (ANTARA) - Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Mataram H Rudy Suryawan mengatakan, kondisi keamanan Mataram menjelang hari pencoblosan Pemilu 2019, relatif kondusif.

"Alhamdulillah, dari hasil pantauan kita dan beberapa kali rapat koordinasi dengan aparat keamanan, kondisi Mataram sejauh ini aman terkendali," katanya kepada sejumlah wartawan di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Senin.

Ia berharap, kondisi ini bisa terus dipertahankan hingga hari pencoblosan, penghitungan bahkan sampai proses Pemilu 2019, selesai.

"Kondusifitas daerah dapat mendukung kelancaran proses pesta demokrasi 2019," katanya.

Meskipun, tambah Rudy, dari evaluasi terhadap tempat pemungutan suara (TPS) terindikasi ada beberapa TPS yang dianggap rawan, terutama di Kecamatan Ampenan. Namun, hal itu sudah menjadi fokus perhatian dari Kapolres Mataram.

"Kapolres memiliki cara dan strategi tersendiri untuk melakukan penanganan TPS atau kawasan yang dinilai rawan," ujarnya.

Di sisi lain, Bakesbangpol Kota Mataram juga tetap mengoptimalkan forum-forum yang ada, salah satunya Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), yang berada di masing-masing kecamatan sebanyak lima orang.

Selain itu, peran tiga pilar aparat yang ada di kelurahan yakni Babinsa, Bhabinkamtibmas dan lurah juga terus bersinergi melakukan pengawasan pengamanan di wilayah masing-masing. Di samping itu, masyarakat juga memiliki peran penting dalam menjaga keamanan.

"Selama ini, peran tiga pilar aparat tersebut cukup efektif dalam menyampaikan informasi berjenjang dimulai dari lingkungan, sehingga indikasi kerawanan keamanan dapat segera teratasi," katanya. 
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar