Bawaslu NTB temukan kotak suara pemilu dalam kondisi rusak

id Bawaslu NTB,kotak suara rusak,Pemilu 2019,Pilpres 2019

Ketua Bawaslu Nusa Tenggara Barat (NTB) Muhammad Khuwailid. (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Bawaslu Nusa Tenggara Barat menemukan sejumlah kotak suara Pemilu 2019 dalam kondisi rusak.



Ketua Bawaslu NTB Muhammad Khuwailid di Mataram, Senin, mengatakan kotak suara pemilu rusak tersebut ditemukan di sejumlah kabupaten. Di antaranya Kabupaten Lombok Timur, Lombok Barat, Sumbawa dan Dompu.



"Secara jumlah kota suara rusak ini kita masih rekap," ujarnya.



Khuwailid, mengungkapkan ada dua penyebab kerusakan kotak suara tersebut, yakni sobek saat dilakukan pendistribusian dan basah terkena air hujan sehingga kotak suara menjadi hancur. Sehingga tidak bisa digunakan lagi.



"Ada yang rusak di bagian bawah kotak dan rusak di bagian atas kotak. Tapi sebagian besar kotak suara yang rusak itu sudah diganti oleh KPU NTB," terang Khuwailid.



Khuwailid menambahkan, dari sejumlah kerusakan kotak suara tersebut, bahkan ada yang belum ada penggantinya seperti di Kabupaten Dompu yang kotak suaranya rusak sama sekali belum ada penggantinya, sehingga pihaknya meminta KPU Kabupaten Dompu untuk segera berkoordinasi dengan KPU NTB, sehingga penggantian segera dilakukan.



"Di Lombok Timur juga ada ditemukan dalam kondisi hancur. Tapi ini masih di data," ucapnya.



Menurut Khuwailid, terkait kerusakan kotak suara dan surat suara tersebut sudah diverifikasi dan di sortir oleh KPU NTB untuk segera dilakukan penggantian. Sehingga, saat pelaksanaan pencoblosan surat suara maupun kotak suara yang rusak sudah tidak ada masalah.



Sementara itu, secara terpisah Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan Batulayar, Kabupaten Lombok Barat Fathul Karim membenarkan sejumlah kotak suara untuk Pemilu 2019 di tempat itu dalam kondisi sudah rusak akibat basah terkena air hujan.



"Dari 11 kotak suara, ada tiga yang rusak, dua kotak suara untuk DPR RI dan satu kotak suara untuk DPD RI," terangnya.



Menurutnya, jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Kecamatan Batulayar sebanyak 176 TPS dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 36.740 orang.



"Tapi dari kotak suara ini sudah kita laporkan ke KPU NTB dan sudah dilakukan penggantian," katanya. 

Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar