Pebalap Suzuki Alex Rins: tak perlu tunggu lama untuk membuat kejutan

id MotoGP

Pebalap Suzuki  Alex Rins: tak perlu tunggu lama untuk membuat kejutan

Pebalap Suzuki Ecstar Alex Rins (Twitter.com/MotoGP)

Mataram (ANTARA) -  Di seri pertama musim balapan MotoGP 2019 digelar di Qatar, Suzuki tak perlu menunggu lama untuk membuat kejutan ketika dua pebalapnya, Alex Rins dan Joan Mir, mengancam posisi para pebalap di rombongan depan.

Duo Suzuki yang start dari P10 dan P11 menyodok ke posisi tiga dan empat menempel ketat pemimpin balapan Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati) dan Marc Marquez (Repsol Honda).

Kemudian Rins sempat menyalip Dovi dan memimpin balapan selama beberapa lap sebelum kehilangan posisinya.

Finis P4 untuk Rins dan P8 untuk Mir di seri pertama merupakan awal yang tak terlalu buruk bagi Suzuki.

Sebenarnya Rins sudah cukup panas di tahun keduanya bersama Suzuki waktu mengemas lima finis podium, tiga diantaranya sebagai runner-up, yang menempatkan pebalap asal Spanyol itu di peringkat lima pebalap di bawah nama-nama besar seperti Marc Marquez, Andrea Dovizioso, Valentino Rossi dan Maverick Vinales pada tahun lalu.

Baru di seri ketiga musim ini, di Austin, Rins meraih trofi juara pertamanya di kelar premier yang juga merupakan kemenangan bagi Suzuki sejak terakhir kali dipersembahkan oleh Maverick Vinales di balapan GP Inggris 2016.

"MotoGP tahun ini menyajikan kejutan yang besar. Yang paling utama tentunya, Suzuki," ungkap mantan pebalap Suzuki John Hopkins, seperti dikutip laman resmi MotoGP.

Pebalap asal Amerika Serikat itu membalap bersama Suzuki di kelas premier pada 2003-2007. Hopkins menjalani musim paling produktif dengan Suzuki pada 2007 di mana rekan satu timnya kala itu, Chris Vermeulen mempersembahkan kemenangan pertama bagi tim bermarkas di Hamamatsu itu di kelas MotoGP di Sirkuit Le Mans, Prancis.
Embedded video