Penghitungan suara di Mataram mencapai 30 persen

id kpu,mataram,hitung

Komisi Pemilihan Umum Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) merampungkan pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilu anggota DPR, DPD dan DPRD, yang akan dijadikan dasar penetapan perolehan kursi. (Pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara)

Mataram (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, mencatat proses penghitungan suara pemilihan presiden dan pemilu legislatif 2019,
di tingkat kecamatan baru mencapai 30 persen.

"Sampai hari ini dari 50 kelurahan, yang sudah selesai melakukan penghitungan di tingkat kecamatan baru sekitar 12 kelurahan atau 30 persen," kata Ketua KPU Kota Mataram M Husni Abidin di Mataram, Rabu.

Kendati demikian, Husni mengaku optimistis target menuntaskan penghitungan suara di tingkat kecamatan bisa selesai dalam waktu 10 hari, dimana hari ini sudah masuk hari keenam.

"Kami optimistis empat hari ke depan, kecamatan dengan jumlah kelurahan yang relatif sedikit bisa selesai sesuai target," katanya.

Sementara untuk kecamatan dengan jumlah kelurahan lebih banyak seperti di Kecamatan Selaparang dan Ampenan dengan 9 kelurahan, KPU akan memberikan toleransi tambahan waktu 7 hari.

Menurutnya, kendala yang dihadapi dalam proses pengitungan suara pada tingkat kecamatan ini adalah proses penyalinan dan rekap plano besar ke formulir C1.

Apabila terjadi ketidaksinkronan, lanjutnya, maka kotak suara akan dibuka.

"Pada hakekatnya, hasil sejatinya ada diplano besar bukan di C1, sehingga plano besar inilah yang menjadi alat kontrol utama," ujarnya.

Setelah proses penghitungan ditingkat kecamatan tuntas, lanjutnya, penghitungan dilanjutkan ke tingkat Kota Mataram, namun sampai saat ini KPU belum menetapkan jadwal penghitungan di tingkat kota.

"Masih ada waktu, Insya Allah segera kita tetapkan waktu dan tanggal penghitungan tingkat Kota Mataram," ujarnya.

Ditambahkanya, jumlah surat suara di Kota Mataram sekitar 1.480.000 lembar surat suara dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Kota Mataram sebanyak 293.192 dengan jumlah TPS 1.272. ***2***





 
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar