PLN sumbang ambulans untuk warga Lombok Utara

id PLN Nusra,Lombok Utara

PLN sumbang ambulans untuk warga Lombok Utara

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara, Yuyun Mimbar Saputra (kanan), menyerahkan secara simbolis bantuan satu unit mobil ambulans kepada Bupati Lombok Utara, H Najmul Akhyar. (Dok Humas PLN)

Mataram (ANTARA) - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara menyumbang satu mobil ambulans yang bisa dimanfaatkan oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, untuk melayani masyarakatnya.

Mobil ambulans tersebut diserahkan langsung oleh General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara, Yuyun Mimbar Saputra, kepada Bupati Lombok Utara, H Najmul Akhyar, disaksikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Utara, Khairul Anwar, di Tanjung, Kamis.

"Bantuan tersebut merupakan salah satu bentuk program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) PLN  sebagai salah satu badan usaha milik negara," katanya.

PLN terus memberikan perhatian kepada Kabupaten Lombok Utara. Sebab kabupaten tersebut merupakan wilayah paling parah terdampak rentetan gempa bumi pada akhir Juli dan sepanjang Agustus 2018.

Sebelumnya, PLN telah menyalurkan bantuan senilai Rp4 miliar untuk pemulihan setelah gempa bumi Lombok. Dana tersebut merupakan hasil dari zakat dan infaq karyawan PLN.

PLN Unit Induk Pembangunan Wilayah Nusa Tenggara juga telah meresmikan 150 unit hunian sementara di Dusun Lebah Sari, Desa Pemenang Barat, Kabupaten Lombok Utara, pada September 2018.

Pembangunan 150 unit hunian sementara dengan anggaran senilai Rp2,5 miliar dimaksudkan agar masyarakat bisa kembali hidup normal. Selain itu juga diserahkan bantuan dana tunai bagi korban yang rumahnya tidak rusak berat dengan total senilai Rp500 juta.

Ada juga dana untuk pembangunan fasilitas ibadah senilai Rp100 juta dan penyaluran dana CSR dengan total senilai Rp850 juta.

Pada 2019, PLN Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara juga melaksanakan program CSR di bidang kesehatan, seperti pembagian kartu BPJS dan pengobatan gratis bagi masyarakat.

Selain di Lombok Utara, PLN Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara juga akan memberikan satu unit mobil ambulans kepada Pemerintah Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Bupati Lombok Utara, Najmul Akhyar, mengapresiasi bantuan yang diberikan oleh PT PLN (Persero). Bantuan tersebut tentunya sangat bermanfaat bagi warganya yang masih dalam tahap pemulihan setelah gempa bumi.

"Bantuan mobil ambulans tersebut akan digunakan dan dipelihara dengan baik, sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan," ujarnya.