Jalur pendakian Gunung Rinjani dibuka pertengahan Mei

id BTNGR,Gunung Rinjani

Jalur pendakian Gunung Rinjani dibuka pertengahan Mei

Tim gabungan melakukan survei jalur pendakian hingga mendekati Danau Segara Anak, Gunung Rinjani, Pulau Lombok NTB, yang akan menjadi bahan rekomendasi membuka jalur pendakian. (ANTARA/HO/BTNGR)

Mataram (ANTARA) - Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) segera membuka jalur pendakian Gunung Rinjani di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, setelah ditutup sejak terjadinya rentetan gempa bumi pada Juli hingga sepanjang Agustus 2018.

"Kemungkinan pertengahan Mei 2019 sudah dibuka karena kondisi cuaca memungkinkan saat kemarau," kata Kepala BTNGR Sudiyono, di Mataram, Jumat.

Ia menyebutkan empat jalur pendakian tradisional yang akan dibuka adalah Sembalun dan Timbanuh, di Kabupaten Lombok Timur, Senaru di Kabupaten Lombok Utara, dan Aik Berik di Kabupaten Lombok Tengah.

Jalur pendakian Sembalun sudah disurvei oleh tim gabungan pada Maret 2018. Sedangkan jalur pendakian Senaru disurvei pada 30 April hingga 3 Mei 2019.

Sebanyak 19 tim gabungan melakukan pendakian Gunung Rinjani melalui jalur Senaru. Mereka terdiri atas personel BTNGR, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisia, TNI-Polri, perusahaan jasa pendakian (TO), pemandu wisata gunung (guide - porter).
"Hari ini tim survei jalur pendakian Senaru sudah menyelesaikan tugasnya. Semua sudah turun gunung," ujarnya.

Sementara jalur pendakian Timbanuh dan Aik Berik, lanjut Sudiyono, masih akan disurvei lagi meskipun kondisinya relatif aman dilalui dibandingkan jalur Sembalun dan Senaru.

Hal itu penting dilakukan karena beberapa waktu lalu terjadi cuaca buruk yang berpotensi menyebabkan longsor dan pohon tumbang di sepanjang jalur pendakian Timbanuh dan Aik Berik.

Ia menambahkan hasil survei akan menjadi dasar membuat rambu-rambu di sepanjang jalur pendakian agar pendaki berhati-hati.

"Kita memasang rambu-rambu mana lokasi yang harus pendaki berjalan lambat, mana lokasi yang harus dilalui dengan kecepatan sedang dan mana daerah aman untuk berkemah," ucap Sudiyono

Ia mengatakan kepastian pembukaan jalur pendakian menunggu izin dari Direktorat Jenderal KSDAE, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Meskipun akan dibuka, kata Sudiyono, aktivitas pendakian masih terbatas karena hanya sampai Pelawangan dan belum direkomendasikan hingga ke Danau Segara Anak. Sebab jalur ke sana masih belum aman dan berbahaya bagi keselamatan jiwa manusia. "Jalur pendakian relatif sudah aman hingga Pelawangan, tapi masih perlu ada perbaikan kerusakan akibat gempa bumi beberapa waktu lalu," katanya.*